5 Cara Membuat Tampilan Android Seperti Google Pixel

14:09
Tema Google Pixel untuk Android - Apa yang terlintas dibenar kalian ketika mendengar kata Pixel, phone my by Google?. Mungkin mewah, mahal, keren, premium dan sebagainya. Nah kali ini kita akan share tutorial mengubah HP Android seperti Pixel.

Sebagaimana kita tahu sebelumnya, spesifikasi garang Google Pixel, tampilannya minimalis dan multi fungsi. Namun beberapa orang masih menganggap harganya over price untuk Android buatan Google ini.

Ada benarnya juga. Dengan harga setinggi itu, sangat disayangkan jika Pixel tidak bersertifikat IP68. Padahal dengan harga 8-10 jutaan kita bisa mendapat smartphone Android premium lainnya dengan fitur yang lebih di pasaran. Yah itulah salah satu kekurangan Google Pixel.

Merubah Android Seperti Google Pixel

Namun kita tidak akan membahas soal itu terlalu jauh. Yang ingin kita share kali ini adalah salah satu kelebihan Google Pixel, yakni antarmuka atau UI nya yang menurut kita unik untuk diterapkan pada ponsel kita.

Karena harga yang kelewat mahal, setidaknya kita bisa mencicipi tampilannya saja kan?

Cara Merubah Tampilan Android Jadi Pixel

Ada 5 langkah mudah yang kita gunakan disini. Masing-masing adalah aliran penganut paham gratisan dan aliran penganut paham premium.

Yosh, tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita langsung mulai saja!

1. Tema Pixel Gratis

Gratis? Siapa yang tidak mau!. Apalagi di Indonesia, masyarakat kita lebih banyak yang punya prinsip "Kalo ada yang gratis kenapa harus bayar?". Bukan begitu?

Itu sebabnya kita taruh cara yang pertama ini di awal. Tapi tenang saja, memang ini gratis kok dari developernya. Jadi insyaalloh halal.

Penasaran seperti apa tampilannya? Silahkan lihat pada screenshot berikut :

Tutorial Membuat Android Menjadi Google Pixel

Tutorial Membuat Android Menjadi Google Pixel

Keren bukan?

Untuk membuatnya kalian hanya perlu membutuhkan satu aplikasi launcher Android bernama Evie. Di posting terdahulu kita sudah pernah posting sekaligus mereview Evie Launcher keren dan minimalis.

Namun pada posting tersebut aplikasi ini belum update ke tampilan Pixel. Sebelumnya app drawer ada pada sebelah kiri, berjajar menurut list, beserta pengaturan, dan widget.

Namun beberapa hari lalu, Developer menggulirkan Evie update terbaru, yang mana update ini banyak memberi perubahan pada UI itu sendiri.

Ganti Tampilan Seperti Google Pixel

Lalu bagaimana caranya merubah HP kita seperti tampilan diatas? Mudah saja, kita hanya perlu melakukan beberapa kostumiasi saja.

Ini karena secara default Dock Pixel style tidak aktif. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Install Evie Launcher apk lewat link yang kita sediakan
  • Setelah terinstall pastikan gunakan Evie sebagai launcher default supaya tidak ribet gonta-ganti Launcher
  • Pada menu Home screen, tekan dan tahan beberapa detik untuk memunculkan menu Setting
  • Setelah muncul, tap Setting
  • Pilih opsi Dock
  • Atur sesuai selera kalian

Sebagai tips tambahan saja, disini saya mengunakan pengaturan sebagai berikut :
  1. 5 kolom ( persis seperti Pixel )
  2. Icon Size 95%
  3. Non aktifkan Icon Label

Ada berbagai macam pengaturan lain yang bisa kalian nikmati seperi Unread badges, hingga fitur Gesture double tap to lock, two fingers to open Google Now, dan Home button to search.

Silahkan kalian atur sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Oh iya, sayang sekali widget pencarian Evie tidak bisa dihapus. Jadi yah tetep nempel di homescreen mau tidak mau / suka tidak suka. Kekurangan lainnya adalah tidak adanya widget Google Pixel pil yang ada di bagian kiri layar homescreen.

2. Tema Pixel Pro

Nah bagi yang ingin versi premium, atau setidaknya menghargai karya developer dengan membeli aplikasi mereka, maka ini adalah pilihan tepat!

Cara yang kedua kita akan menggunakan Action Launcher 3. Memang gratis di Play Store, namun jika ingin menikmati semua / full fiturnya, kalian perlu membeli atau mengupgrade ke Action Launcher 3 Plus.

Lewat versi plus tersebutlah kita bisa menggunakan mode Pixel. Jika tidak upgrade bagaimana? Tentu saja tidak bisa. Sebagian besar fitur yang ada juga hanya bisa digunakan ketika menggunakan versi premiumnya.

Lihat beberapa screenshot Android kita berikut :

Tampilan Smartphone Android Seperti Google Pixel

Tampilan Smartphone Android Seperti Google Pixel

Selain tema Pixel, Action Launcher Pro juga menyediakan banyak sekali kostumisasi. Tapi kita tidak akan membahas semuanya, karena terlalu banyak nantinya.

Nah untuk upgradenya kalian bisa menggunakan voucher Google Play Store, credit card, atau yang paling mudah yakni menggunakan pulsa untuk membeli aplikasi Play Store.

Berapa Harganya?

Nah ini, harganya Rp 39.999 atau bulatkan saja menjadi 40 ribu + sekitar 5 ribu pajak apabila menggunakan pulsa sebagai metode pembayaran. Jadi total uang yang harus kita keluarkan sekitar Rp 45.000.

Yah memang cukup mahal untuk harga satu aplikasi di Play Store. Namun percaya deh, apabila kita bandingkan dengan banyaknya fitur yang bisa dinikmati masih worth it.

Karena premium jadi lebih lengkap. Jauh perbedannya dibanding dengan Evie yang berstatus gratis. Salah satu perbedaannya yakni, Action Launcher Premium menyediakan Google Pixel widget berbentuk pil sebagai salah satu ciri khas dari smartphone high-end ini.

Ada juga widget clock ala Pixel, yang nantinya disandingkan di sebelah kanan dari Pixel Pil, seperti pada screenshot yang kita lampirkan pada poin ini diatas.

3. Install Pixel Icon Pack

Secara tampilan kita sudah hampir selesai. Namun ada sesuatu yang kurang kan? Agar tampilannya lebih mirip, apalagi jika bukan icon pack Android bernama Pixel untuk Android.

Disini kita akan menggunakan Pixel Icon Pack - Nougat Free UI. Tenang saja, aplikasi ini gratis kok. Jadi pas sekali baik untuk yang suka gratisan. Walaupun gratis namun jumlah ikon yang ditawarkan oleh Saurabh Gupta ini terhitung sangat banyak, sekitar 4130 untuk versi terbaru.

Pixel Icon Pack Apk Untuk Semua Android

Jika kalian memiliki rejeki lebih alangkah baiknya untuk berdonasi lewat menu Support Development yang sudah tersedia pada dashboard.

Atau bisa juga membeli paket icon request dengan membeli Premium Icon Request. Permintaan ini nantinya kita bisa meminta developer untuk membuat ikon apabila ada ikon yang belum tersedia pada smartphone.

Berikut adalah rinciannya biayanya :
  • 12.000 - 1 premium request
  • 23.000 - 2 premium request
  • 36.000 - 4 premium request
  • 62.000 - 7 premium request
  • 129.000 - 15 premium request

3.1. Ganti Ikon Evie Launcher Terbaru

Setelah terinstall, silahkan ikuti step berikut untuk mengubah ikon HP android kita menjadi seperti smartphone Google teranyar :
  • Tap dan tahan pada area kosong homescreen
  • Pilih Settings
  • Selanjutnya masuk ke Icon Pack
  • Pilih Pixel Icon Pack

3.2. Ganti Ikon Action Launcher 3

Nah untuk yang kedua ini sebenarnya developer sudah menyediakan Pixel style. Namun setelah kita coba ternyata jelek, karena yang berubah sempurna hanya sedikit.
  • Tap dan tahan pada area kosong homescreen
  • Pilih Settings
  • Masuk ke menu Display
  • Tap pada Icon Pack
  • Lalu pilih Pixel Icon Pack
  • Klik Oke

4. Google Pixel Stock Wallpapers

Terakhir adalah default wallpaper. Ini opsional saja, jika kalian ingin background bawaan Google Pixel maka kita sudah siapkan. Temanya masih tidak jauh dari versi Android Marshmallow sebelumnya, yakni masih didominasi oleh gambar tempat yang diambil dari satelit.

Previewnya bisa dilihat pada gambar berikut :

Google Pixel Default Wallpaper Full HD

Google Pixel Original Wallpaper Pack

Oh iya, sengaja kita sertakan 2 saja. Ini kita lakukan untuk mempercepat loading halaman blog. Aslinya sih ada 4 paket zip yang masing-masing paket berisi banyak wallpaper dalam resolusi original.

Jika berminat, silahkan langsung saja menuju postingan kita sebelumnya pada Google Pixel stock wallpaper.

5. Menambah Widget Pixel

Seperti yang kita katakan diatas, opsi ini hanya tersedia untuk versi premium saja. Ini yang membuat Action Launcher mempunyai nilai tambah dibanding dengan pilihan pertama yang notabennya gratisan.

Berikut ini langkah-langkah yang mesti kalian lakukan untuk menambah widget pencarian ala Google Pixel di Android :
  • Pastikan Action Launcher sudah menjadi default launcher
  • Selanjutnya Tap dan tahan pada area kosong homescreen
  • Pilih Widget
  • Pada kateogir Action Launcher 3 akan ada bermacam-macam widget seperti Date, Google Pill 2x1 sebanyak 2 buah (dengan mic dan tanpa mic).
  • Tinggal tap dan seret saja ke homescreen

Kesimpulan

Dari uraian yang kita tulis diatas, kita bisa tarik beberapa kesimpulan disini. Berikut adalah beberapa poin utamanya :
  1. Bagi yang suka gratisan bisa gunakan Evie Launcher Apk terbaru
  2. Kalian yang ingin fitur yang lebih kompleks, bisa menggunakan Action Launcher 3 Pro.
  3. Evie tidak support hapus widget pencarian bawaan, dan tidak menyediakan widget Pixel Pil dan clock
  4. Action Laincher support Google Pixel Widget pil dan clock, jadi hasilnya pasti lebih keren


UPDATE!

Agar lebih keren dan semakin mirip Pixel, kalian bisa mencoba tutorial Umahdroid terbaru pada artikel merubah ikon Android tanpa Root.

Nah itulah beberapa kesimpulan yang bisa kita tarik. Soal keputusan akan menggunakan yang mana tentu saja ada pada diri kalian masing-masing.

Bagaimana menurut kalian tentang tips mengubah tampilan Android seperti Pixel / Pixel XL?. Tuliskan respon kalian lewat kolom komentar dibawah. Bantu kami dengan share artikel dan like atau follow kami untuk support Umahdroid agar terus berbagi. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

6 Komentar
avatar

mantap. ini yg ane cri2. trims gan

Balas
avatar

wow. lama gak maen dimari ketinggalan tutorial nih. ijin sedot om

Balas
avatar

Klo kita menghentikan proses latar belakang google play service kira2 apa dampakx.
mohon di balas

Balas
avatar

Maksudnya force stop atau disable?
Keduanya tidak mempunyai dampak rusak mba/mas. Paling jadi harus load ulang service terkait. Kita sudah buatkan postingya dulu.

Mas/mba bisa baca di http://www.umahdroid.com/2016/05/apa-fungsi-google-play-service-cara-disable.html

Terimakasih

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.