Review Kaspersky Internet Security, Anti Virus Terbaik Untuk Android

10:56
Kaspersky Internet Security Mobile - Apa kabar teman-teman? Semoga tetap sehat dan tidak bosan berkunjung ke Umahdroid. Kali ini kami akan coba melakukan review Kaspersky Internet Security sebagai salah satu aplikasi Antivirus terbaik untuk HP Android.

Sebelumnya kami sudah pernah mempublish sebuah artikel apakah Android bisa terkena virus?. Nah dibilang posting ini adalah babak kedua dari artikel tersebut.

Kaspersky adalah salah satu perusahaan vendor software terbaik di dunia yang didirikan oleh Natalia Kasperskaya dan bekerja sama dengan Eugene Kaspersky tahun 1997 di Rusia.

Kaspersky Internet Security Android Review

Mereka memproduksi berbagai software seperti anti virus, anti spyware, anti spam, firewall dan berbagai macam produk yang berkaitan dengan system security protection solutions.

Perusahaan ini kerap mengkritisi berbagai ancaman virus yang menyebar di berbagai belahan dunia, cyber attack, juga berbagai isu tentang dunia security lainnya. Produknya sendiri tersedia untuk berbagai macam platform mulai dari desktop hingga mobile, termasuk Android.

Sebelum itu, mari kita simak teaser dari aplikasi ini lewat video berikut :



Install Kaspersky Internet Security di Android

Kaspersky Internet Security gratis bisa dengan mudah kita install di ponsel pintar kita lewat Google Play Store. Namun jika teman-teman menginginkan file apk, kita sudah sediakan linknya.

Kami asumsikan teman-teman sudah menginstallnya. Dibawah ini adalah yang akan kita jumpai saat pertama menggunakan Kaspersky di smartphone kita.

Step 1 - Langkah pertama pilih negara dimana tempat kita tinggal.

Install Kapersky Internet Security Android

Setelah dipilih, tap tombol Next untuk masuk ke proses selanjutnya

Step 2 - Preview screen selanjutnya adalah End User License Agreement atau sering disingkat EULA. Pilih Accept and Continue untuk menyetujui dan lanjut ke proses selanjutnya.

Install Kaspersky Internet Security License

Step 3 - Disini kita bisa login atau mendaftar akun Kaspersky.

Sign In Sign Up My Kapersky Android

Akun ini nantinya digunakan untuk me-remote ponsel kita lewat web My Kaspersky. Silahkan pilih atau Skip agar cepat. Karena nanti juga kita akan tetap memasukan atau mendaftar setelah masuk ke dashboard.

Step 4 - Selanjutnya, kita diberi pilihan mana yang akan kita gunakan. Apakah membeli lisensi lewat tombol Buy Now, atau jika teman-teman memiliki serial Kaspersky silahkan tap I Have an Activation Code.

Kaspersky Premium License Key Activation Code

Pilihan terbawah adalah menggunakan versi free.

Step 5 - Selesai! Saatnya melakukan scan pertama device kita seperti screenshot berikut :

Scan Android Virus Kaspersky Internet Security

Setelah selesai pemindaian, nanti akan ada notifikasi jika ada issue di smartphone teman-teman. Baik, kita lanjutkan ke review Kaspersky Android.

Review Kaspersky Internet Security

Kaspersky Internet Security menawarkan pengguna Android dari ancaman malware, perlindungan anti-phishing, web protection, privacy protection, hingga anti thief untuk mengamankan HP kita apabila dicuri / kehilangan.

1. Desain User Interface

Desain aplikasinya cukup simple. Bagian layar utama akan disuguhi logo perisai. Logo ini juga berfungi sebagai indikator ketika proses scan berjalan dan issue yang ada di ponsel kita.

Kaspersky Internet Security Android Premium Apk

Navigasi fitur ada pada bagian bawah layar. Cukup tap tombol anak panah atas atau slide keatas untuk melihat semua fitur yang tersedia. Adapun fitur yang ditawarkan seperti :
  • Scan
  • Update
  • Real Time Protection
  • Call and Text Filter
  • Anti Theft
  • Text Anti Phishing
  • Web Protection
  • Privacy Prorection
  • dan terkahir Setting

Secara default, versi yang kita katakan diatas mempunyi kekurangan. Yap, sangat wajar karena versi free atau gratisan.

Dengan kata lain, teman-teman tidak akan menikmati semua fiturnya. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa perhatikan gambar dibawah berikut :

Kaspersky Internet Security Android Free

Fitur yang memiliki icon kunci / berwarna coklat itulah yang tidak aktif. Kita perlu membeli lisensi yang berupa serial Kaspersky untuk Android agar bisa menikmati fitur Kaspersky Internet Security Pro.

Harganya murah kok, cuma $4.58, atau sekitar Rp. 60.000 ( dihitung jika nilai tukar dollar terhadap rupiah Rp. 13.000 ) per tahun. Harga tersebut terhitung sangat murah.

Buy Kaspersky Internet Security License For Android

Untuk membeli lisensi Kaspersky sendiri juga cukup praktis. Teman-teman bisa install aplikasinya kemudian beli lisensinya dari sana.

Otomatis ini akan lewat Google Play, jadi kita bisa bayar lewat pulsa HP. Dulu kita pernah membuat posting tutorial membeli aplikasi premium di Play Store dengan pulsa.

Meski demikian kita tetap bisa menikmati fitur Kaspersky Internet Security Pro gratis dengan mengaktifkan opsi trial selama 30 hari. Lumayan kan bisa mencoba Kaspersky Premium gratis.

2. Malware Protection

Seperti kebanyakan aplikasi security untuk Android, Internet Security akan otomatis melakukan scanning setiap aplikasi yang terinstal di smartphone kita, baik penginstalan yang dilakukan dari Google Play Store, sideload, atau manual dari file apk.

Scanning Malware in Android Phone

AV Test Institute melaporkan hasil pengujian mereka di bulan Juli lalu. Dari laporan mereka, Kaspersky bisa mendeteksi 99.99% dari 3,336 aplikasi berbahaya secara real time.

Disisi lain AV Comparatives, salah satu independen lab juga memiliki hasil yang tidak jauh berbeda di bulan Maret, dengan angka 99.6% dari 4,523 malicious apps.

3. Scanning Mode

Aplikasi ini menawarkan 3 buah mode scan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Masing-masing bisa dilihat pada daftar berikut :
  • Quick Scan
  • Full Scan
  • Folder Scan

Disini kita coba test pada device, Kaspersky membutuhkan waktu 4.9 menit untuk dapat menyelesaikan full scan dengan jumlah objek yang dipindai mencapai 3653.

Tentu saja waktu ini bisa berbeda, tergantung banyaknya objek yang dipindai.

Apabila teman-teman melakukan scan pertama, mungkin akan memiliki waktu lebih lama. Tapi ini hal yang wajar juga, seperti halnya yang ada pada versi desktop.

4. Performa

Secara keseluruhan, Kaspersky tidak membebani kinerja ponsel yang kita gunakan. Pergerakan tetap smooth, sekalipun pada saat full scanning berjalan.

Kaspersky Pro Android Ram Usage Screenshot

Berdasarkan editor choice PC Mag tahun lalu, Kaspersky masih kalah dari Bitdefender Mobile Security and Antivirus. Bitdefender sendiri berbasis Cloud Tech.

Artinya kita memerlukan koneksi internet untuk scan device. Berbeda dengan Kaspersky, scan bisa kita lakukan offline tanpa internet, kapanpun, dimanapun semau kita selaku pengguna.

Dengan metode sepeti itu, masing-masing memiliki kelebihan. Jadi keputusannya sesuaikan saja dengan kebutuhan kita selaku pengguna disini.

Kami juga sempat membandingkan dengan Eset Mobile Security & Antivirus Premium. Dari segi ukuran Eset lebih ringan. Namun perbedaan pada penggunaan RAM ternyata jauh berbeda. Eset lebih banyak mengkonsumsi RAM dibanding dengan Kaspersky.

5. Fitur Anti Maling

Malware sering menjadi tajuk yang cukup panas di dunia security. Namun pencurian device juga salah satu ancaman yang perlu diperhatikan. Itulah sebabnya kenapa sekarang banyak sekali yang menyematkan software mereka dengan Anti-Theft.

Mengatasi HP Android Yang Hilang Dicuri

Kita perlu mengaktifkan ini dan membuat akun untuk mengontrol smartphone kit dari portal web yang sudah disediakan pihak mereka.

Lewat My Kaspersky yang berlamat di https://my.kaspersky.com/, kita bisa dengan mudah lock dan locate device, alarm, mugshot, wipe all data dan wipe personal data untuk menghindari pencurian data ketika HP kita hilang.

Kita menemukan kekurangan yang cukup mengganggu disini. Tepatnya ketika coba menggunakan fitur remote lock. Sayang sekali delay dari perintah yang kita kirim bisa 1 jam sebelum ponsel terkunci sepenuhnya.

6. Browser Protection

Social engineering, phishing atau malicious website selalu ada untuk mencuri data para pengguna internet. Kaspersky sadar akan hal ini, mereka juga mempunyai fitur web protection.

Cara Aman Browsing Internet di Android

Fitur ini juga termasuk ke fitur premium. Jadi sebelum menggunakan fitur ini, pastikan teman-teman sudah membeli lisensi Kaspersky atau mengaktifkan opsi trial 30 hari.

Setelah aktif tinggal setel saja browser default yang terinstall di smartphone kita.

Sekedar catatan, Mozilla Firefox Android tidak support untuk fitur ini. Hal sama juga terjadi pada Eset Mobile Security Pro, tidak bisa diset menggunakan Firefox.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang kita review diatas, Kaspersky untuk smartphone Android bisa kita simpulkan layak digunakan untuk melindungi Android dari virus, pencurian data, serta berbagai macam ancaman cyber yang ada.

Meski demikian, kita sebagai pengguna tetap harus berperan aktif untuk menjaga data kita. Hindarilah hal-hal yang sekiranya rawan. Ingat, pepatah yang Guru SD kita selalu katakan "lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Mungkin itu saja yang bisa kami review tentang Kaspersky Internet Security sebagai salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk Android. Bagaimana menurut teman-teman? Silahkan tuliskan opini kalian lewat form komentar dibawah. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.