Cara Mengatasi E:failed to mount /cache (Invalid argument) Zenfone

13:32
Asus Zenfone E:failed to mount /cache (Invalid argument) - Tidak terasa sudah cukup lama tidak sharing tutorial-tutorial Asus smartphone. Nah kali ini kita akan share kembali, salah satu masalah yang cukup banyak dialami pengguna yakni Zenfone gagal flash, factory reset dengan keterangan error Failed to mount / cache disertai tanda kurung dan text Invalid argument.

Apakah HP teman-teman ada yang mengalami kejadian seperti ini? Jika demikian, pastikan membaca posting ini sampai selesai. Biasanya pesan tersebut berantai dengan pesan lainnya. Sebagai contoh, coba lihat keterangan error dibawah berikut :

E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:can't mount /cache/recovery log
E:can't open /cache/recovery log
E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:can't mount /cache/recovery last_log
E:can't open /cache/recovery last_log
E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:can't mount /cache/recovery last_install
E:can't open /cache/recovery last_install
E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:can't mount /cache/recovery last_update-script_log
E:can't open /cache/recovery last_update-script_log

Sudah lihat? Baik, sekarang kita lanjutkan sampai ke identifikasi masalah yang membuat ponsel kesayangan kita tidak mau menyala sampai home screen.

Zenfone E:failed to mount /cache (Invalid argument)

Jika kita mendapati error ini, kita tidak akan bisa flash. Sekalipun coba downgrade, factory reset, wipe, hasilnya akan tetap sama berapa kalipun kita mencoba.

Lihat gambar dari masalah yang terjadi pada Zenfone 5 dibawah ini untuk lebih jelasnya :

Memperbaiki Zenfone E:failed to mount /cache (Invalid argument)

Kenapa demikian? Karena ini bukan masalah software. Jika software, kita masih bisa mengembalikannya sesuai setelan pabrik. Dengan berbagai macam cara yang sudah banyak diposting.

Lalu apa maksdunya jika bukan software? Jadi begini, kerusakan ini karena Emmc Zenfone rusak. Komponen tersebut merupakan sebuah hardware yang terdapat di dalam smartphone kita.

Umumnya kerusakan Emmc ini paling sering terjadi pada HH yang terlalu sering di flash dan wipe. Seperti yang kita tulis sebelumnya, yang paling mudah dikenali dari kerusakan Emmc Android ialah android yang dinyalakan hanya sampai di tampilan logo atau stuck di logo saja.

Berbeda dengan bootloop, jika bootlop kita bisa flash ulang Zenfone 5/6, lalu masalah selesai. Namun apabila ternya Emmcnya yang sudah rusak kita tidak bisa mengatasinya dengan flashing.

Apa itu Emmc Android?

Emmc atau Embedded Multi-Media Controller adalah IC Memory Internal, sebuah media penyimpanan berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip serta mempunyai kemampuan untuk mamanage dirinya sendiri.

Mengganti Emmc Zenfone Yang Rusak
Image Tolerant Smartphone

Di dalam IC tersebut ada beragam partisi, seperti Bootloader, Recovery, System OS. Emmc sendiri di kembangkan untuk dapat memenuhi perkembangan dunia mobile seperti smartpone, kamera, tablet, sistem navigasi, serta pemutar media yang kian hari semakin butuh spesifikasi yang cukup tinggi.

Lalu Bagaimana Solusinya?

Seperti yang kita katakan diatas, kerusakan ini karena hardware. Jadi mau, tidak mau / suka, tidak suka, kita harus mengganti Emmc Zenfone yang rusak dengan yang masih sehat.

Silahkan teman-teman datangi service center Asus atau tempat servis HP terdekat dari tempat tinggal kalian lalu minta perbaiki atau penggantian Emmc.

Berapa Harga Emmc Zenfone?

Berapa harganya? Sekitar 200ribu+. Atau tanya saja lewat Asus Zenfone Chat support. Ikuti saja arahan yang ada disana.

Oh iya, servicenya sudah support bahasa Indonesia kok, jadi tidak perlu kawatir menggunakan bahasa asing. Lebih enak lagi kalo teman-teman masih punya smartphone Asus yang masih sehat, bisa gunakan aplikasi ZenFone Care.

Tips Umahdroid

Dari tulisan diatas kita bisa ambil poin penting disini. Pertama, kurangi atau minimalisir flashing, wipe data Android teman-teman. Karena semakin sering kita melakukannya, akan semakin pendek juga usia dari media penyimpanan yang kita pakai.

Nah sekian saja yang bisa kita tulis tentang tutorial fix error E:failed to mount /cache (Invalid argument) Zenfone 5. Semoga info yang kami berikan bermanfaat untuk teman-teman. Terimakasih!

Artikel Rekomendasi

33 Komentar
avatar

Terimakasih Info nya om umah :D

HP ane problem nya begini wkwkwkw

Balas
avatar

ini bener2 solusi akhir ya? soalnya udah coba fastboot flash boot-fastboot-recovery, wipe data,clear all data, factory reset, gonta ganti recovery.img jg sama aja.

Balas
avatar

Iya mas, masalahnya ada di hadwarenya

Balas
avatar

nice info gan. sangat membantu 😊

Balas
avatar

Mas mau nanya. Nyari di google gak dapet. Saya lg nyoba root hp n pasang twrp. Smw normal dan berhasil. Pengen coba flashing cusrom tp mau backup pake twrp gak bisa. Maksudnya gini, di layar tulisan e: failed mount storage (invalid argument). Backup selesai tapi tulisannya failed. Filenya backupan ada. Cuma karena tulisan failed di akhir bukan succesfull saya khawatir nanti gak bisa di restore. Di twrp yang terbaca hanya microsd saya. Memory internal 0mb. Kalau punya solusi tolong mas.

Balas
avatar

Yah itu perlu ganti kayaknya deh mas.

Balas
avatar

Udah bisa kok maz. Ternyata caranya mudah. Factory reset dulu pake twrp nya baru backup nandroid. Masalahnya skrg pas mau restore bisa. Pas nyala ternyata saya lupa kalo stok rom di enkripsi. Cm loading mengenkripsi berjam jam. Akhirnya balik lagi ke cusrom deh.

Balas
avatar

aku kena 1.3 buat emmcnya mas :(

Balas
avatar

nyata bro.. seperti yg bro uraikan.. dipaksa masuk mode cloverview pun tak tahan lama.. akhirnya nyerah ane, ganti emmc..

Balas
avatar

Mas i wayan ganti emmc kena berapa?

Balas
avatar

belum ganti gan, kebetulan hh nya puny temen.. zen 5 ane solved.. masih bisa di utak atik,pake debrick..

Balas
avatar

Oya? Kadang tetep engga bisa di debrick mas. Soalnya pernah ada cerita 2 zenfone satunya bisa pake debrick, satunya lagi engga bisa

Balas
avatar

debrick itu apa mas....saya juga mengalami hal yg sama di zenfone 5 toof...

Balas
avatar

Untuk jawab pertanyaan mas rizal, ini ada artikel bagus dari howtogeek :

https://www.howtogeek.com/126665/htg-explains-what-does-bricking-a-device-mean/

Maaf ya bahasanya bule. Hehe

Balas
avatar

udh ganti emmc zenfone 6 nya gan.. krna 650rb

Balas
avatar

Iyakah? Mahal ya, tapi yah dari pada beli HP baru lebih mahal lagi sih :D Terimakasih mas wayan sudah mau berbagi harganya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang lain.
Oh ya, penggantiannya dimana mas kalo boleh tau ( tempat service biasa / langsung di Asus service )?

Balas
avatar

hehehehe lumayan lah gan bisa menghemat, di tempat biasa gan.. tempat service umum, servis resmi jauh dari tempat ane, kebetulan juga zen 6 nya versi tw

Balas
avatar

Oo gitu. Yang penting sekarang sudah sehat lagi hp nya :D
Sekali lagi makasih ya mas i wayan sudah mau berbagi. Semoga berkah untuk semuanya

Balas
avatar

Mas mau tanya, HP saya sebelumnya tidak pernah flasing dna kawan- kawannya, jadi masih ada kemungkinan emmcnya rusak juga yah?

Balas
avatar

Kalo keteranganya sudah invalid argument paling ya emmcnya mas. Mau engga mau ganti

Balas
avatar

mas mau tanya, kalo zenfone 4 tulisannya e:failed to mount /cache (invalid argument) juga harus ganti emmc nya ya?

Balas
avatar

pantesan udah coba flash ga bisa2 ternyata masalahnya disni wkwk, makasih om

Balas
avatar

makasih banyak om, ternyata bener seperti yg om bilang, ini masalah Hardware

Balas
avatar

Sama-sama kak. Senang bisa membantu

Balas
avatar

thx atas info'a ini sangat brmanfaat sekelai bgi saya.

Balas
avatar

di xda aja cari trik2 nya bro nyoman.. lumayan mendidik buat handle device selanjutnya.. tiang sekarang udh gak pegang zenfone lagi

Balas
avatar

Sama-sama. Senang bisa berbagi :)

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.