KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Aplikasi Screen Dimmer Android Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Aplikasi Night Mode Android - Pengaturan pencahayaan pada smartphone sangatlah penting untuk membuat mata tetap nyaman. Salah-salah terlalu sering menatap layar di malam hari saat kondisi gelap bisa merusak mata. Itulah mengapa Umahdroid akan share aplikasi Android untuk menurunkan kecerahan layar.

Kebiasaan bermain HP sebelumn tidur bisa membuat kita sudah tidur. Hal tersebut disebabkan oleh pancaran cahaya biru layar yang memberitahu otak untuk menekan melatonim sebagai hormon yang membantu mengatur jam tidur.

Lah bukannya setting brightness ada dari bawaan pabrik?. Memang, tapi untuk beberapa tipe ponsel tetap terlalu terang walaupun sudah diatur mentok ke nilai paling rendah.

Aplikasi Android Pelindung Mata Terbaik

Ukuran aplikasi yang kita tulis ini juga sangat kecil, jadi teman-teman tidak perlu kawatir akan memakan banyak memori dan memberatkan kinerja ponsel sobat. Oh iya, link file apk juga sudah kita sediakan.

Night Owl

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengurangi kecerahan layar lebih dari apa yang secara default ponsel kita lakukan. Maksudnya, kita bisa mengurangi cahaya yang timbul dibawah dari nilai terkecil brightness bawaan Android.

Baca juga :

Jika setelan layar kita sudah paling kecil tapi masih membuat mata kita sakit, Night Owl bisa menurunkannya lagi dengan tujuan melindungi mata kita dan mungkin rasa sakit kepala yang timbul akibat terlalu cahaya layar yang terlalu cerah.

#1 Screen Dimmer

Fitur pertama ini memungkinkan user untuk mengatur tingkat kecerahan backlight layar smartphone Android kita lebih rendah dari standar atau bawaan ponsel itu sendiri

Screen Dimming Night Owl

Tinggal toogle saja terus slide saja tombol slidernya untuk menambah dan menguranginya. Mudah sekali bukan?

Enaknya lagi, kita bisa mengatur kecerahan tersebut dari notifikasi panel. Ada tombol tambah, kurang dan pause untuk menghentikan proses dari aplikasi screen dimmer ini.

#2 Automatic Start and Stop

Kemampuan yang kedua adalah fungsinya yang bisa membuat kita dengan mudah melakukan penjadwalan kapan akan digunakan, dan kapan service akan berhenti.

Automatic Screen Dimmer Android

Screenshotnya bisa dilihat pada gambar diatas. Semua bisa kita atur dan kostumisasi sesuai selera. Developer juga menyertakan 2 buah widget buat kalian yang suka memasang widget di homescreen.

#3 Blue Light Filter

Selain fitur schedule, kita juga bisa mengurangi cahaya biru untuk melindungi mata. Radiasi warna biru pada layar Android dapat menyebabkan insomnia seperti yang kita katakan diawal.

Advance Blue Filtering Android Screen

Nantinya layar kita akan sepeti effect vintage / kekuning-kuningan / tua atau apalah terserah teman-teman menyebutnya.

#4 Advance Filter

Nah ini yang kita suka dari Night Owl. Jika teman-teman tidak puas dengan filter yang diberikan aplikasi ini, kita bisa mengaturnya manual. *screenshotnya kita gabung di poin sebelumnya

Menyesuaikan nilai warna filter seperti merah, hijau dan biru sendiri tentunya menjadi nilai tambah untuk memudahkan user. Dengan demikian kita bisa menyesuaikan seberapa nyaman mata kita dengan setelan yang kita buat sendiri.

Jika ponsel teman-teman menggunakan layar jenis AMOLED, ini juga bisa digunakan untuk menghemat baterai Android.

Night Screen

Kemudian yang kedua adalah night screen. Fungsinya sama saja seperti Night Owl, hanya fiturnya saja yang membedakan keduanya. Night Screen mempunyai tampilan dan fitur yang lebih simple. Bisa juga dikatakan lebih sedikit.

Aplikasi Night Mode Untuk Android

Namun karena simplenya itulah kekuatan dari Night Screen. Ditambah lagi untuk yang suka dengan open source maka akan senang dengan ini. Yap, Night Screen adalah aplikasi open source dan dilindungi oleh GNU GPL v3 License.

Teman-teman yang bisa membongkar source code, mempelajari, dan mengubah codenya. Untuk source code sudah disediakan oleh developer lewat halaman resmi mereka di GitHub.

Dari segi user interface sangat simple. Menggunakan antar muka berbasis Google material design, tentunya menjadi nilai tambah karena terlihat clean.

Aplikasi Android Untuk Melindungi Mata Agar Tetap Sehat

Aplikasi ini akan menciptakan mask dibagian atas layar untuk membuat layar Android lebih gelap sekaligus memecahkan masalah kecerahan yang terlalu tinggi. Night Screen mempunyai 2 buah mode, masing-masing adalah :
  • Default Mode
  • Overlay Status Bar Mode

Developer juga membuatnya memiliki dua tema yakni light dan dark yang bisa kita ganti sesuai keinginan. Untuk menggantinya tinggal tap saja 3 buah titik yang berada di pojok kanan atas kemudian aktifkan Dark Theme.

Bagus Mana Sih?

Mana yang harus dipilih? Tentu saja ini hak teman-teman untuk memilihnya. Jika ingin fitur yang cukup lengkap, maka disarankan untuk install Night Owl.

Hal ini juga berlaku untuk kebalikannya, bila membutuhkan sesuatu yang lebih simple bisa gunakan Night Screen saja.

Penggunaan aplikasi screen dimmer sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita saat menggunakan smartphone dalam keadaan minim cahaya serta mengurangi kemungkinan insomnia yang mungkin timbul akibat menatap layar berwarna biru.

3 komentar

3 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    23 November
    • Kunjungi profil
    mantap gan ini yg ane cari2 thanks atas infonya. salam sukses
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 November
      • Kunjungi profil
      Sama-sama mas Bayu
    Reply