Anak Bangsa Racik Browser Lokal Penantang Google Chrome

04:08
Browser buatan anak bangsa - Aplikasi browser sampai sekarang ini semakin bervariasi. Ada banyak sekali browser berlabel asing mendominasi penggunaan di negara kita. Tidak mau tinggal diam, APJII atau Assosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia tengah merancang sebuah aplikasi browser.

APJII mengungkap beberapa fakta penggunaan browser berdasar hasil survei internet di tahun 2016 ini, jika browser yang mendominasi di Indonesia adalah Google Chrome. Yap, browser buatan perusahaan OTT ini menempati peringkat pertama dengan meraup peresentase 66.6%.

Artinya lebih dari setengah pengguna internet di Indonesia menggunakan browser buatan Google. Faktanya memang browser ini sangat cepat. Lebih dari itu, didukung dengan berbagai plugin atau extension yang bisa dinikmati pengguna.

Browser Terpopuler di Indonesia

Posisi kedua disusul oleh Firefox dengan persentase yang boleh dibilang jauh sekali dibawah Chrome, yakni hanya mengoleksi angka sebesar 22%.

Kemudian ditempat ketiga adalah Internet Explorer dengan 7.2% dan Safari browser sebesar 2.6%. Baca juga Fakta Pengujian 10 Browser Tercepat Untuk Android.

Dari data tersebut, dominasi browser buatan luar negeri terbukti sangat kuat. Untuk mengimbanginya, APJII pun sedang menyiapkan browser buatan mereka.

Dikutip dari detik, Jamalul Izza selaku ketua umum APJII saat ditemui di Gedung Cyber, Jakarta, menerangkan, "Kami ingin mengurangi browser asing yang merajalela. Jadi kami sedangkan menyiapkan browser buatan anak negeri".

Baca juga Menampilkan Kecepatan Download dan Upload di Android Tanpa Root

Namun browser ini asih dalam tahap development. Pembuatnya sendiri digarap oleh developer yang masuk dalam Liga Digital Indonesia.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah dapat dirilis dan digunakan", tambah Jamalul.

Seperti apa nantinya browser buatan Indonesia ini? Kita tunggu saja kemunculannya tahun depan. Stay update dengan like dan follow akun sosmed kita. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.