8 Aplikasi Note Android Terbaik Untuk Memudahkan Hidup

05:50
Daftar Aplikasi Note Taking Android Terbaik - Kali ini Umahdroid akan sharing aplikasi Android terbaik untuk mencatat. Menulis dengan pena diatas kertas warna-warni kemudian menempelkannya di dinding atau papan stereoform adalah metode konvensional yang biasa dipakai seseorang untuk membuat to do list, pengingat, curhatan hingga motivasi hidup.

Wajar saja, note memang sangat membantu kita mewadahi sesuatu yang ada dibenak kita. Namun di jaman digital seperti sekarang, kita bisa menggunakan berbagai aplikasi note taking yang banyak tersedia di Android market.

Aplikasi Pencatat Terbaik Untuk Android

Jumlahnya ada banyak sekali, sehingga mungkin akan membingungkan mana yang terbaik. Aplikasi Android ini juga kebanyakan sudah terinstall secara default / bawaan dari pabrik di Smartphone teman-teman. Namun aplikasi bawaan ini biasanya punya keterbatasan fitur.

Aplikasi Note Android Terbaik

Oleh sebab itu, kami sudah mengumpulkan beberapa aplikasi note paling populer di Android untuk teman-teman. Link dari masing-masing ke halaman resmi Google Play juga kami sediakan untuk memudahkan teman-teman. Nah ini dia daftarnya!

1. Microsoft OneNote

Seperti namanya, Microsoft OneNote diciptakan oleh Microsoft. Berbagai software buatan mereka menjadi standar dalam industri digital. Mulai dari operating system Windows, Office, Cloud service dan masih banyak lagi layanan yang mereka miliki.

Microsoft OneNote Android

Microsoft OneNote bisa kita integrasikan dengan Cloud service seperti Microsoft OneDrive, Dropbox, dan Google Drive dengan fitur sync.

Jadi ini akan memudahkan kita bekerja cross device dimanapun dan kapanpun tanpa perlu kawatir berkas catatan kita tertinggal diperangkat lain. Syaratnya? Tentu saja teman-teman harus punya akun Microsoft untuk singkronisasi.


2. Google Keep

Masih dengan perusahaan raksasa, Google juga menawarkan aplikasi note buatan mereka. Tampilannya yang sangat simpel dan bersih, menjadikan aplikasi Google Keep sangat mudah digunakan baik oleh pemula sekalipun.



Seperti halnya aplikasi Google lainnya, Google Keep juga mempunya fitur sync atau singkronisasi data jika teman-teman menginginkannya. Data yang sudah kita buat akan disimpan di Cloud storage. Baca juga Aplikasi Cloud Storage Service Terbaik Untuk Android.

Kelebihannya tentu saja kita tidak perlu mendaftar ulang. Cukupa dengan akun Google yang ada di smartphone kita, sudah bisa menikmatinya.


3. EverNote

Ketika kita membahas aplikasi note, hampir semua pasti kenal dengan EverNote. Aplikasi berlogo gajah ini memang sudah sejak lama menempati urutan papan atas dalam kategori ini.

Screenshot EverNote Untuk Android

Ada juga Evernote widget yang nantinya bisa kita letakkan di home screen agar tidak lupa dengan catatan yang kita sudah buat.

EverNote bisa teman-teman install gratis langsung dari Play Store. Selain versi free, mereka menyediakan 2 buah paket berbayar untuk menikmati fitur yang lebih banyak :
  • EverNote Plus $3.99 monthly, $34.99 annually
  • EverNote Pro $7.99 monthly, $69.99 annually


4. ColorNote

Seperti namanya, aplikasi nomor empat ini membawa desain yang beraneka warna. Mungkin mengadaptasi dari metode pencatat konvensional seperti kertas warna-warni yang ditempelkan di dinding.

Aplikasi Pencatat Plaing Ringan dan Enteng Untuk Android

ColorNote juga disertai fitur lock untuk keamanan, pelindung privacy, dan menghindari akses dari tangan-tangan orang yang suka iseng.

Selain itu, ColorNote juga punya fitur yang tidak kalah menarik yaitu secure backup ke SD card, dan Synchronization seperti halnya 3 aplikasi sebelumnya.


5. SimpleNote

Jika teman-teman mencari aplikasi note paling simple, ini lah yang menjadi rekomendasi Umahdroid. Kenapa? Karena aplikasi ini sangat-sangat ringan, dan memang sesimpel namanya.

Aplikasi Note Paling Enteng Untuk Android

Kita tidak akan menjumpai fitur insert gambar, pdf, foto, audio dan seterusnya. Walau demikian aplikasi open source Android ini punya fitur sinkronisasi yang akan memudahkan hidup kita bekerja di berbagai macam perangkat dengan adanya dukungan desktop client untuk major operating system baik mobile dan desktop.

Mobile

  • Apple iOS
  • Android
  • Amazon Kindle Fire

Desktop

  • GNU/Linux .deb distribution, tar.gz
  • Mac OSX
  • Microsoft Windows 7, 8, 8.1 10

Jika teman-teman tidak ingin menginstall native desktop app, kita juga masih bisa menggunakan web app lewat browser. Cukup daftar akun baru, kemudian login!

Untuk application sendiri ada 2 buah tema yang bisa kita nikmati. Adapun tema tersebut yaitu Light dan Dark. Jadi sesuaikan saja dengan selera teman-teman.


6. Omni Notes

Sama seperti SimpleNote, Omni Notes juga aplikasi open source. Lalu apa perbedaannya? Oke, perbedaannya terletak pada UI (pasti) dan fitur keduanya.

Omni Note Aplikasi Note Terbaik Android

Secara tampilan Omni Notes lebih menarik, karena sudah menggunakan antar muka berbasis Google Material Design.

Omni Notes menawarkan fitur yang lebih kompleks. Selain memasukkan text, kita juga diberi keleluasaan untuk audio notes, sketch notes, video notes hingga speech-to-text notes dengan memanfaatkan Google Now.


7. FiiNote

Dari 6 buah aplikasi yang kami sebutkan diatas, dua aplikasi ini dan selanjutnya punya fitur yang boleh dibilang cukup unik. Pertama, FiiNote. Aplikasi pengingat ini didesain untuk ponsel dan tablet. Aplikasi ini menawarkan grid / kotak-kotak pada kanvasnya.

FiiNote App Untuk Android

Dengan layout seperti itu, ini akan sedikit membawa nostalgia. Ingat dengan kertas strimin? Ya, kurang lebih seperti itulah.

Kita juga bisa memasukkan suara, foto, video, dan yang paling menarik adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membuat note dalam bentuk gambar.

Pihak developer mengklaim, background recorder tidak memakan resource kecil dan minim perrmission. Tentu saja ini bagus bagi user yang memperhatikan privacy.


8. Squid Take Notes Markup PDFs

Squid Take Notes adalah salah satu aplikasi pencatat terbaik dan powerfull. Jika teman-teman lebih suka menulis ( Hand Writing ) Squid Note harus dicoba.



Steadfast Innovation selalu developer membuat Squid Take Note benar-benar unik. Kita akan merasakan seperti menggunakan kertas pada dunia nyata di HP Android kesayangan kita.

User akan menikmati menulis tangan dengan jari atau stylus bagi yang punya, import gambar, membuat shapes. Kertas atau canvas yang disediakan juga beraneka ragam, seperti :
  • Blank
  • Ruled
  • Graph

Kita juga akan dimudahkan dengan dukungan import ke berbagai macam format seperti pdf, png, dan jpg agar nantinya bisa kita print dari Android ke printer langsung.


Kesimpulan, Pilih Mana?

Bagaimana menurut teman-teman? Sudah punya gambaran mana yang akan dipilih untuk memanajemen kegiatan? Jika masih bingung, Umahdroid akan berikan sedikit tips.

1. Sesuaikan kebutuhan

Pilih aplikasi pencatat mana yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan teman-teman. Apakah kebutuhan tersebut mencakup gambar, audio, video, import format? Atau mungkin ingin sesuatu yang unik? Jika demikian bisa gunakan 2 daftar terakhir.

2. Cepat dan Praktis

Poin kedua disini maksudnya, jika kita malas harus daftar-daftar akun lagi bisa gunakan Google Keep. Cukup dengan akun Google yang ada di ponsel sudah bisa menikmati synchronization.

3. SimpleNote

Pilihan ke-3 lebih ditekankan untuk user yang membutuhkan aplikasi Android dengan ukuran kecil, simpel dan ringan, serta mendukung singkronisasi, SimpleNote patut dicoba.

4. Open Source

Bagi user yang concern terhadap security dan privacy, aplikasi Android open source bisa dijadikan pilihan teratas. Karena kita bisa melihat source code dari pembuatnya. Jadi Omni Note dan SimpleNote boleh dicoba.

Nah itulah yang bisa Umahdroid share kali ini tentang aplikasi Android gratis untuk mencatat daftar kegiatan, ide, shopping list, dan lain-lain. Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar dibawah. Terimakasih, semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.