9 Fitur Google Allo dan Fakta Menarik Yang Harus Kamu Ketahui

12:57
Fitur Google Allo, Messenger Buatan Mbah Google - Perusahaan raksasa OTT, Google kembali meluncurkan sebuah aplikasi terbaru. Ya, dialah Google Allo yang belum lama ini muncul sebagai pesaing aplikasi chatting populer untuk Android seperti BBM, WhatsApp, Telegram, Line, dan masih banyak lagi aplikasi pesan instan Android serupa.

Dengan persaingan seketat itu, apakah Google Allo bisa menggantikan atau setidaknya bersaing? Perusahaan sebesar Google tidak mungkin luput dari perhitungan ini. Singkat kata, perusahaan yang sering disebut 'Mbah' ini sudah memprediksinya jauh-jauh hari.

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Google Allo

Fitur Google Allo Yang Harus Kamu Ketahui

Sadar atau tidak, setiap aplikasi mempunyai ciri khas, fitur andalan guna merebut hati konsumer. Telegram dengan cross-platform dan native app nya misalnya.

Google Allo, a smart messaging app that helps you say more and do more

Kallimat itulah yang tertulis di halaman resmi Google Play Store. Lalu apa yang membuat Google Allo berbeda dengan aplikasi perpesanan lainnya? Mari kita cari tahu bersama!

Sebelum itu mari kita lihat preview Official video dari Google Allo berikut :



1. Daftar Akun Google Allo

Seperti halnya pada aplikasi lain, cara daftar Allo juga sangat mudah. Teman-teman hanya perlu nomor telepon yang nantinya akan terintegrasi dengan kontak di smartphone dengan catatan mereka juga menggunakan Allo.

Kita juga bisa melakukan sync Google account dengan aplikasinya untuk tetap dalam jangkauan yang didukung dengan Google Assistant.

2. Design dan User Interface

Sudah sejak dulu, Google selalu membuat produk mereka user friendly. Tampilan dasar dari Google Allo juga tidak jauh berbeda dari aplikasi lainnya. Jadi kami tidak bisa banyak membahas soal tampilan Google Allo. Mari kita lanjutkan ke fiturnya saja!

3. Smart Reply

Salah satu yang harus diberi catatan adalah fitur khas dan kemampuan smart replies yang disematkan didalamnya. Ini sangat berguna untuk menghemat waktu. Dengan fitur smart reply, Allo akan memberikan respon terhadap sesuatu yang dikirimkan oleh lawan bicara.

Cara Menggunakan Fitur Smart Reply di Google Allo

Semakin sering kita menggunakan Google Allo, semakin baik pula saran yang akan kita dapatkan. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja.

4. Ink To Draw

Dalam bahasa inggris ink berarti tinta. Pernahkah teman-teman sedikit kesulitan menunjukan poin di foto yang dikirimkan? Misalkan, kita kirim foto ke lawan bicara lewat aplikasi, kemudian kita ingin menunjukan "Ini loh mantan dia, sebelah kanannya yang pake kerudung, yang pake bla bla bla".

Baca juga artikel menarik lainnya :

Kalaupun harus memberi lingkaran dengan text "Ini mantan dia" kita musti mengolahnya di aplikasi edit foto Android.

Sedikit ribet jika harus memberi tambahan deskipsi bukan? Kerennya, di Allo punya fitur Ink yang gunanya untuk menandai sesuatu pada sebuah foto.

Fitur Google Allo Ink Untuk Menandai Foto

Warna yang ditawarkan juga cukup lumayan membantu. Sayangnya fitur ini sekarang hanya ada di Android, untuk pengguna smartphone keluaran Apple seperti iPhone belum bisa menikmati. Mungkin pada update selanjutnya!

5. Sticker Gratis dan Variatif

Seperti halnya aplikasi lain, Google Allo juga memiliki kemampuan untuk berbagi gambar, pesan video, juga sticker. Dibanding dengan WhatsApp, Allo memberikan lebih banyak sticker yang bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma dan beragam seperti halnya pada Line dan Telegram.

Menggunakan Sticker Gratis di Google Allo

Nah, ini mungkin salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan apabila teman-teman disini ada yang suka menggunakan sticker untuk membalas pesan instan.

6. Shout or Whisper

Tidak mau kalah, Google juga memberikan fitur unik lainnya. Shout or Whisper digunakan sebagai penegas respon kita. Dari pada harus menggunakan huruf besar semua, di Allo kita bisa menggunakan fitur sebagai penggantinya.

Cara Memakai Fitur Shout dan Whisper di Google Allo

Jadi, jika kita akan merespon marah, maka fitur unik ini akan membantu teman-teman dengan memperbesar balon percakapan beserta text-nya. Teman-teman hanya perlu tekan lalu tarik tanda panah ke atas untuk memperbesar atau kebawah untuk memperkecil sesuai dengan respon kita.

7. Google Assistant

Diatas, kita sudah menyinggung hal ini. Namun apa maksudnya? Tahukan teman-teman soal Siri milik iOS? Itulah gambaran singkatnya. Boleh dikata Google Assistant adalah Siri-nya Android user.

Kita bisa memanggil kapanpun dengan hanya mengetikan @google di Allo. Pernah lihat iklan Google di televisi lokal yang memperlihatkan seorang wanita akan membuat masakan? That's it!

Fitur Google Assistant di Google Allo

Saran dari kueri yang kita masukan akan muncul dibagian bawah jendela aplikasi. Artinya, kita tidak perlu keluar dari aplikasi untuk melakukan quick Google search. Dan hal bagusnya, lawan biacara kita tidak tahu yang sedang kita cari lewat fitur unik ini.

8. Security

Aplikasi pesan instan besutan perusahaan OTT ini mempunyai fitur yang cukup unik dibagian security. Teman-teman dapat menggunakan Allo dalam incognito mode atau mode penyamaran. Keuntungannya? Pesan yang dikirim akan tidak direkam serta ter-enkripsi penuh.

Incognito Window di Google Allo

Adanya teknologi enkripsi Open Whisper system menjadikan Google Allo berbeda dari service yang lainnya. Namun dengan demikian, ini juga akan membatasi smart feature Google Allo. Kabarnya mereka akan tetap logged pesan namun sementara guna meningkatakan Google Assistant dan fitur smart reply.

9. Kontroversi

Dunia security akan selalu menarik untuk dibahas. Seperti halnya pada aplikasi Android baru dari Google ini. Ada kontroversi pasca peluncuran Google Allo. Adalah Edward Snowden, mantan kontraktor teknik Amerika dan karyawan Central Intelligence Agency (CIA) yang menjadi kontraktor untuk National Security Agency (NSA) membuat sebuah pernyataan yang cukup menghebohkan.

Google Allo Security Issue Edward Snowden

Edward Snowden Google Allo Security Issue

"Free for download today: Google Mail, Google Maps, and Google Surveillance. That's #Allo. Don't use Allo", pungkasnya lewat akun Twitternya.

Tidak hanya itu, Snowden juga sempat mengatakan, "What is #Allo? A Google app that records every message you ever send and makes it available to police upon request".

Lagi, Allo adalah salah aplikasi yang telah disahkan oleh pengadilan "rahasia" untuk digunakan sebagai media pengintaian menurut kutipan dari TheGuadian.

Apakah teman-teman akan mencoba men-download Google Allo dengan fitur unik yang ditawarkan? Atau malah beralih sepenuhnya? Pada akhirnya pilihan ini tetap kita yang memutuskan sebagai user. Jika memang yakin silahkan gunakan, dan bila tidak yakin tidak usah dipasang. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.