KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD di HP

Jenis Resolusi Layar HP - Semakin tinggi resolusi layar sebuah perangkat, semakin tajam pula tampilan gambar yang disajikan. HD, Full HD, serta qHD adalah beberapa istilah yang sering kita dengar pada layar yang digunakan ponsel pintar.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang apa saja yang membedakan antara ukuran layar ponsel-ponsel pintar masa masa kini.

Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD

Dengan semakin beragamnya smartphone dewasa ini, maka spesifikasi yang ditawarkan oleh perusahaan mobile phone juga berbeda-beda. Salah satunya adalah dari segi layar.

Display Screen Resolution

Perhatikan gambar berikut untuk melihat smartphone display resolution statistics dari tahun ke tahun ( 2007 sampai tahun 2014 ):

Jenis dan ukuran layar hp

Dari data tersebut kita bisa melihatnya dengan jelas, perkembangan display resolution dari smartphone semakin berkembang. Tahun 2014 adalah tahun dengan peningkatan tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

1. SD

Resolusi terendah untuk layar monitor, tablet, maupun smartphone dalam 5 tahun belakangan ini adalah 640 x 480 piksel, atau dikenal dengan sebutan SD (Standard Definition) atau VGA (Video Graphics Array).

Baca juga :

2. FWVGA

Setelah mengalami perkembangan, resolusi layar smartphone terkecil saat ini sudah meningkat menjadi 854 x 480 piksel, atau dikenal dengan istilah FWVGA (Full Wide Video Graphics Array).

3. HD

Peningkatan layar ini juga berlaku untuk tablet serta smartphone, dimana rata-rata smartphone saat ini sudah memiliki resolusi layar 1.280 x 720 piksel, sering dikenal dengan istilah 720p atau HD. Apa itu HD? HD adalah singkatan dari High Definition.

4. qHD

Khusus untuk smartphone entry-level, masih banyak juga yang menggunakan resolusi layar 960 x 540 piksel yang dikenal dengan istilah qHD (quarter high definition), ditulis dengan huruf "q" kecil, bukan "Q" besar.

5. FHD

Sekarang ini, hampir semua smartphone high-end, resolusi layar yang digunakan sudah mencapai 1.920 x 1.080 piksel, sering disebut FHD atau full HD (Full High Definition).

6. QHD

Walaupun dengan resolusi tersebut sudah sangat mencukupi untuk sebuah smartphone, namun produsen seperti Samsung atau LG justru menggunakan resolusi lebih tinggi lagi untuk smartphone flagship buatannya, yaitu 2.560 x 1.440 piksel, juga disebut sebagai 2K, QHD, atau quad HD (Quad High Definition).

Resolusi Layar Ideal Untuk Smartphone

1. HD 1.280 x 720 px

Untuk smartphone dengan layar 4,5-5 inci, resolusi HD (1.280 x 720 piksel) adalah resolusi yang mumpuni dan terasa pas.

Selain masih tergolong tinggi, resolusi HD juga tak terlalu membebani GPU pada smartphone. Maka salah satu imbasnya yang bisa dirasakan seperti lebih lancar saat bermain game Android.

2. Full HD 1.920 x 1.080 px

Selanjutnya, resolusi full HD (1.920 x 1.080 piksel) baru akan terasa optimal untuk smartphone yang ditenagai layar 5-5,5 inci. Ini karena kerapatan layar yang dimilikinya baru bisa terlihat dan terasa di layar yang cukup besar.

3. 2K QHD dan 4K UHD

Lalu bagaimana dengan resolusi 2K (QHD) atau bahkan 4K (UHD)? Resolusi sebesar itu sebenarnya tidak diperlukan untuk layar smartphone. Umumnya, mata manusia tidak bisa menangkap dan menikmati kerapatan layar setinggi itu pada layar sekecil layar smartphone.

Nah itu dia penjelasan serta perbedaan dari qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD pada HP di era sekarang. Semoga bisa menjadi referensi dan ilmu untuk teman-teman. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan