Enaknya Membuat Desain Vector Menggunakan Inkscape di Linux

16:09
Desain vector oleh Umahdroid.com - Selamat sore sobat Umahdroid! Artikel kali ini agak sedikit melenceng dari tema blog yang fokus membahasa info, aplikasi, tutorial android. Walaupun demikian masih ada kaitannya dengan dunia teknologi.

Ya, kali ini saya akan berbagi salah satu desain yang saya buat menggunakan aplikasi pengolah gambar Inkscape di Linux. Sobat mungkin sudah membaca artikel sebelum ini. Nah kalo belum sobat bisa baca artikel yang saya maksud lewat link berikut OPPO R7S, Dari Fitur Turun ke Hati.

Jika sobat berfikir saya membuatnya dengan aplikasi berbayar, maka anggapan sobat tersebut salah. Gambar-gambar yang saya sertakan disana saya buat menggunakan aplikasi gratisan loh.

Untuk croping dan seleksi image bitmapnya saya gunakan Gimp sebagai pengganti Adobe Photoshop di Linux.

Desain kontes blog OPPO dengan Inkscape di Linux

Alasan saya sengaja membuat post ini juga karena kemarin ada komentar yang mengatakan gambar saya dipost tersebut mirip, malah persis dengan orang yang tidak saya kenal.

Jika yang dimaksud adalah karakter Ollie mungkin mirip karena saya juga terinspirasi dari pencarian gambar di Google.

Namun kalo yang dimaksud semua gambarnya, tentu saya TIDAK SETUJU. Oleh sebab itu, guna menghindari hal yang tidak saya inginkan makanya saya buat post ini. Tidak bermaksud pamer, namun supaya orang bisa lihat saya membuatnya sendiri, dan tulis sendiri sebagaimana syarat dan aturan yang berlaku dalam kontes blog tersebut.

Bisa kita katakan Inkscape ini adalah aplikasi pengganti Corel Draw
.

Selain itu, aplikasi untuk membuat gambar vector ini juga multiplatform. Artinya selain ada versi untuk Linux, tersedia untuk Operating System lain juga seperti versi Windows, dan MAC OS.

Aplikasi ini 100% GRATIS! Kita bisa menggunakan Inkscape bebas tanpa harus membeli lisensi software atau buruknya cr*ack. Jadi insyaalloh halal

Inkscape aplikasi desain gratis support windows, linux dan mac

Di Corel Draw kita mengenal file projectnya berupa extension .cdr, nah kalo di Inkscape extension file projectnya .svg. File project disini bisa kita sebut dengan file mentah yang nantinya bisa kita olah/ubah/edit/modifikasi (atau terserah sobat menyebutnya) lagi. 

Sobat bisa lihat sendiri disemua gambar yang ada di folder tersebut berahiran .svg kan? Itulah extension yang menandakan file project. Saat pembuatan desain menggunakan Inkscape kita bisa membuat layer sesuka hati kita.

Langsung saja saya berikan contohnya sebagai gambaran. Perhatikan screenshot yang saya ambil dari Linux saya berikut :

Desain kontes blog OPPO dengan Inkscape di Linux

Cara memunculkan menu layer sobat bisa gunakan shortcut kombinasi Ctrl+Shift+L. Nanti otomatis dock layer akan terbuka disamping kiri area kerja.

Dengan adanya fasilitas ini, kita bisa dengan mudah mengeditnya. Object yang sekiranya tidak akan kita edit bisa kita lock / kunci dulu layernya atau hidden dengan menekan tombol mata yang terletak disamping ikon kunci agar tidak terseleksi ketika klik object.

Oh iya, salah satu yang paling sukai dari Inkscape adalah ukurannya yang sangat kecil. Jadi ini merupkan nilai tambah bagi sobat yang punya kapasitas hard disk kecil namun ingin berkarya dengan hasil maksimal di dunia desain.

Saya juga pernah membuat mockup Google Nexus 5 dan ASUS Zenfone 5 juga. Ingin melihat hasilnya? Sobat bisa lihat dan download file project .svg pada link berikut Mockup Nexus 5 dan Zenfone 5.

Itulah sedikit design dari yang saya hasilkan menggunakan aplikasi yang mengusung slogan Draw Freely. Bila sobat tertarik menggunakan Inkscape, sobat bisa download pada link dibawah artikel ini. Tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan OS apa yang sobat gunakan.

Jadi sekian saja yang bisa saya tulis tentang Enaknya Membuat Desain Menggunakan Inkscape di Linux. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

3 Komentar
avatar

usut punya usut si doi jg ikutan min :v
check email min

Balas
avatar

Iya kang, saya sudah tau. Biarlah, yang penting saya buat sendiri. Hehe. Email akang sudah saya balas

Balas
avatar

yoi min. dari dulu pengguna linux emang beda sama yg lain :v lebih ulet n mau menghargai dari pada user anu sebelah. di rutinin lagi update artikelnya donk min

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.