KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5

Cara Menambah Fitur Zenmotion Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up di Asus Zenfone - Beberapa waktu yang lalu Zenfone 5 mendapat update terbaru firmware versi 3.24.40.78 yang sudah ada tambahan fitur baru berupa bisa mengganti tema dan font tanpa root.

Tapi rasanya masih ada yang kurang, para pengguna masih ingin fitur yang lebih. Salah satu yang sangat user Zenfone idamkan adalah fitur ZenMotion seperti yang sudah tertanam dari bawaan pabrik pada Zenfone 2.

Memang dulu saya pernah post dan membahas tentang menambah fitur Zenmotion di Zenfone 5, namun sayangnya hanya bisa digunakan untuk mematikan layar saja atau sleep.

Nah oleh sebab itu, kali ini saya akan share bagaimana tutorial untuk mengaktifkan fitur tap-tap untuk menyalakan tanpa menekan tombol power.

Fitur ini sangat berguna untuk memperpanjang usia tombol power pada HP kita. Kita tahu betapa penting nya peran tombol power pada smartphone yang notabennya ponsel minim tombol fisik.

Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5

Atau sobat penasaran bagaimana hasil setelah sukses membangkitkan atau Zenmotion untuk mengaktifkan layar dan mematikan layarnya? Sobat bisa lihat pada video yang sudah saya upload di Youtube Channel saya.

Apa itu ZenMotion?

Salah satu fitur yang saja sebut menarik adalah fitur Zenmotion yang pertama kali dikenalkan pada ajang CES (Consumer Electronics Show) 2015 yang digelar di Las Vegas, USA.



Fitur ini terbagi menjadi 2 yakni Motion Gesture dan Touch Gesture. Berikut sedikit penjelasan perihal kemampuan dan fungsinya :

1. Motion Gesture

Sebagai contoh, ketika kita browsing kemudian shake ata mengocok neng Zeny maka system akan otomatis menyimpan halaman web yang sedang terbuka tadi kemudian akan memasukannya ke dalam list Do It Later.

Nah sobat bisa melanjutkan membacanya lain waktu dengan membuka aplikasi Do it Later yang sudah tersedia.

2. Touch Gesture

Yang ke 2 adalah fitur Touch Gesture. Dengan fitur ini, maka memungkinkan user untuk menyalakan dan mematikan ponsel yang dalam keadaan idle hanya dengan mengetuk 2 kali pada layar.

Satu lagi, kita bisa membuka aplikasi hanya dengan menulis di layar. Misalkan kita ingin membuka browser, maka hanya dengan mengusap dan membentuk huruf 'W' pada layar maka browser akan terbuka secara otomatis.

Fitur yang kedua inilah yang akan saya bahas dan bagikan ke sobat Umahdroid, tepatnya Double Tap to Sleep dan Double Tap to Wake Up. Saya kira cukup, sekarang kita mulai.

Persiapan Syarat dan Bahan

Seperti biasa, sebelum kita eksekusi, ada beberapa syarat yang harus sobat penuhi. Daftar dari bahan-bahan tersebut antara lain seperti dibawah ini :

Eksekusi Mengaktifkan Fitur Zenmotion Untuk Mematikan Layar

Saya anggap semua bahan dan syarat di atas sudah sobat penuhi termasuk root dan UBL. Sekarang saatnya untuk pengerjaan memunculkan dan menambah fitur ketuk 2x (dua kali) untuk mengaktifkan Zenfone kita.

"Loh katanya mengaktifkan layar gan. Mana?"

Sabar dulu, satu persatu. Pertama kita tambahkan Zenmotion di Zenfone 5 kita dulu. Ikuti saja tutorialnya. Satu lagi, jangan lupa berdoa.
  1. Buka Root Explorer
  2. Cari hasil download file Zenmotionnya dengan nama asus.hardware.touchgesture.double_tap.xml
  3. Setelah ketemu, Copy file tersebut ke System/etc/permision/[disini]
  4. Set permission menjadi rw-r-r atau 0644
  5. Kemudian Reboot

Sekarang buka menu Setting, sobat akan mendapati menu baru yakni Zenmotion. Lihat screenshot berikut :

Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5

Coba sobat lakukan percobaan terlebih dahulu. Berikan Checklist pada Screen on / off. Kemudian kembali ke area Home Screen Zenfone sobat, kemudian ketuk layarnya 2x screen. Apabilan layar off/mati berarti sukses. Lanjut lagi ke point selanjutnya!

Eksekusi Mengaktifkan Fitur Zenmotion Untuk Menghiupkan Layar

Seperti yang saya katakan diatas dan juga judulnya, inilah langkah akhir dari post ini atau bisa dikatakan final touch dari tutorial ini.

Baik, saya anggap sobat sudah berhasil sampai tahap ini. Sekarang tinggal langkah selanjutnya untuk membuat Zenfone 5 kita support Doube Tap To Wake Up. Simak langkah-langkah dibawah ini :

Step 1 - Setelah sobat download file bahan dipoint sebelumnya, sobat akan punya satu file dengan nama "dt2w.img"

Step 2 - Kemudian Copy atau masukan file dt2w.img kedalam folder yang berisi ADB dan Fastboot

Step 3 - Matikan Zenfone kemudian masuk ke Droidboot / Fastboot Mode dengan cara menekan bersamaan tombol power + volume up

Step 4 - Kembali ke PC, buka folder ADB dan Fastboot sobat

Step 5 - Tekan tombol Shift + Klik kanan, lalu pilih Open command windows here

Step 6 - Setelah jendela CMD keluar ketikan perintah berikut

fastboot flash boot dt2w.img

Step 7 - Tunggu sampai proses selesai ditandai dengan text OKAY di HH

Step 8 - Lakukan Reboot sobat

Setelah masuk homescreen waktunya kita cek hasilnya, coba ketuk 2x pada layar HH sobat, dan cheers...!!

Sekarang android ASUS Zenfone 5 sudah terinstall fitur milik Zenfone 2. Sobat sudah bisa mematikan sekaligus menghidupkan layar tanpa menekan tombol power. Lumayan kan tombol power jadi bisa lebih awet.

Tips Tambahan

Untuk memastikan bootloader Unlock atau locked caranya bisa dilakukan dengan step-step berikut :
  1. Matikan Zenfone
  2. Masuk ke Bootloader dengan menekan power+vol up
  3. Lihat pada bagian IFWI Version
  4. Jika Sudah 59.A1 berarti sudah UBL. Artinya tidak perlu proses unlock lagi

Untuk memastikan berhasil tidaknya flash custom kernel diatas, silahkan sobat buka kernel yang berada di System Information. Jika berhasil maka akan ada text seperti ini "i386_ctp BORETS-....". Bila belum silakan flash lagi. Ada saran juga dari user Zenfone 5 agar bootloader jangan di lock lagi.

Penting! Tutorial ini sudah saya test di Zenfone 5 Lollipop v3.24.40.78 dan berhasil. Bagi yang akan mengikutinya silahkan dicoba. Namun kegagalan dan resiko yang mungkin akan terjadi adalah tanggung jawab sobat sendiri. DO WITH YOUR OWN RISK - DWYOR

Update 1

Kemarin ada seorang teman yang sudah coba tutorial ini di Zenfone 6 dan hasilnya berhasil. Jadi untuk sobat yang menggunakan Zenfone 6 bisa diterapkan juga. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Update 2

Request dari Mba Melinda Geminigirl Kernel baru DT2W sudah di posting. Silahkan sobat masuk ke artikel Install DT2W di Zenfone Kernel Baru.

Nah sekian yang bisa saya bahas tentang Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5, agar bisa mengaktifkan dan mematikan layar tanpa menekan tombol power di android kita. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. dan selamat mencoba.
206 komentar

206 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • midnote
    midnote
    06 Februari
    • Kunjungi profil
    Boleh minta step yang lebih rinci kang ?
    • midnote
      Tiwo Satriatama
      07 Februari
      • Kunjungi profil
      Itu udah yang paling rinci Mas :D
    Reply