Firmware Zenfone 5 v3.24.40.78 (WW,TW) Support Theme Engine

01:28
Download Update Full Firmware ASUS Zenfone 5 Lollipop Terbaru - Sudah lama absen sharing di blog karena HD Laptop kemarin rusak. Jadi komentar, pesan, dan semua yang berkaitan dengan blog terpaksa saya tinggalkan dulu.

Kali ini saya akan share update firmware untuk ponsel android keluaran produsen asal Taiwan yakni ASUS Zenfone 5 yang sudah support untuk mengganti tema dan ganti font secara keseluruhan tanpa root seperti halnya fitur yang sudah ada sebelumnya pada Zenfone 2.

Update ini untuk 2 buah SKU yakni TW dan WW. Karena ini adalah full firmware, jadi ukuranya besar, jadi yang perlu sobat siapkan adalah koneksi internet yang kencang untuk menghindari file download yang corrupt.

Sedikit tips, gunakan koneksi internet yang stabil saat download. Ketidakstabilan koneksi internet bisa membuat file yang kita download corrupt. Bila sobat mendapati error E:failed to verify whole-file signature saat Upgrade Firmware berlangsung, silahkan baca solusinya di artikel Mengatasi Zenfone E:failed to verify whole-file signature Saat Upgrade Firmware.

Firmware Zenfone 5 v3.24.40.78 (WW,TW) Support Theme Engine

Fitur Baru Zenfone 5 v3.24.40.78

Lalu apa fitur yang baru dalam bug-bug yang sudah diperbaiki? Saya kutip dari official page ASUS berikut adalah daftar dari ASUS ZenFone 5  Zenfone 5 v3.24.40.78 Improvement Item:
  1. Added features in ASUS ZenCircle : Explore and follow the most popular or featured creations, Interact with friends via likes and comments, Share photos to Facebook, LINE, and other social networks, Allows you to take photos and apply customizable filter effects, Discover amazing photo stories created using ASUS PixelMaster Camera and ASUS PhotoCollage
  2. Update phone APN version
  3. update framecount synchronization
  4. Support blocking private call
  5. Enable schedulely scan for wifi even while device is screen off

Itulah daftar untuk fitur baru yang dimunculkan. Selain itu, beberapa fitur baru juga dibenamkan pada pembaruan ini, seperti bisa ganti font secara menyeluruh tanpa root, support ganti tema seperti yang saya katakan sebelumnya, power management yang lebih baik, dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara upgradenya? Baik, kita langsung saja ke point selanjutnya.

Cara Upgrade  Zenfone 5 v3.24.40.78 (WW+TW)

Nah untuk cara upgrade manual sama seperti biasa. Bisa ikuti dengan langkah-langkah dibawah ini:
  1. Download Firmware Lollipop Zenfone 5 versi 3.24.40.78. Sesuaikan sengan SKU pada HH sobat. Jangan sampai salah, karena kesalah SKU bisa dipastikan akan gagal nantinya pada proses upgrade
  2. Jika didalamnya hanya ada 1 buah paket .zip saja maka extract satu kali terlebih dahulu
  3. Pindahkan di Internal Memory ( Diluar folder, jangan didalam )
  4. Muncul notifikasi update. Bila tidak muncul, Reboot lah terlebih dahulu
  5. Tap OK dan tunggu sampai selesai

Kalo bingung dengan langkah-langkahnya, silahkan sobat baca pada artikel yang pernah saya post sebelumnya di Cara Upgrade Manual ASUS Zenfone.

Quick Review

Tambahan, saya sertakan quick review untuk gambaran sobat Umahdroid. Ada beberapa perubahan menu di menu  Setting pada pembaruan system kali ini. Posisi ASUS Cover yang tadinya di dalam menu, sekarang diletakan diluar. Lihat sreenshot berikut :

zenmotion untuk zenfone 5

"Loh kok itu ada Zenmotionnya gan Umahdroid?"

Memang sudah saya tambahkan manual kang. Kepengin pasang Zenmotion di Zenfone? Oh iya, Zenmotion ini tidak hanya untuk Zenfone 5 saja, tapi bisa juga untuk juga untuk yang Zenfone 4, Zenfone 4S, dan Zenfone 6. Sobat bisa baca post tutorialnya pada post Tutorial ZenMotion Double Tap To Locksreen Untuk ASUS Zenfone 5 Lollipop.

Kemudian seperti yang saya katakan diatas, pun seperti pada judul tentang theme supported dan font changer. Menu Theme terdapat pada menu utama. Ketika dibuka akan secara otomatis meload berbagai tema yang tersedia (membutuhkan internet connection) :

download tema zenfone 5 lollipop tanpa root

Yang kedua adalah fitur untuk mengganti Font tanpa atau NO ROOT NEEDED. Fitur ini terdapat dalam Setting, tepatnya ada pada Display Setting. Lihat screenshot dibawah ini :

ganti font zenfone 4, zenfone 4S, zenfone 5, zenfone 6 tanpa root

Secara default font yang muncul tidak akan banyak, hanya bawaan system saja. Untuk menjadi bayak seperti milik saya contohnya, sobat harus download APK XDA Flip Font yang fungsinya khusus untuk font. Silahkan download pada post Cara Mengganti Font ASUS Zenfone 2, 4, 4S Tanpa Root

Nah sekian yang bisa saya bahas tentang Firmware Zenfone 5 v3.24.40.78 (WW,TW) Support Theme EngineSudah Support Support Ganti Theme dan Seluruh Font Bawaan Tanpa Root beserta feature baru dan cara upgradenya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. dan selamat mencoba.

Firmware Zenfone 5 v3.24.40.78
WW Version | TW Version

Artikel Rekomendasi

77 Komentar
avatar

Mas saya versi asus_T00F_ww_user_2.22.40.54 langsung upgrade ke Zenfone 5 v3.24.40.78 bisa ? Brati saya tinggal download versi 3.24.40.78 lalu saya letakkan di luar folder download lalu update . ya ? Mohon bantuannya

Balas
avatar

Kalo update ota sekitar 70mb slsai download giliran install kok ga bisa ya mas posisi saya 3.23.40.52 gagal terus..kalo make versi ini kira2 langsung aja bisa kan mas tiwo...posisi saya root dari tutorial umahdroid jg...

Balas
avatar

Belum pernah coba. Normalnya, harus ke Lollipop 60 dulu, baru ke Lolllipop 78. Kalo mau loncat, akang bisa pakai adb. Tutorialnya ada di "Cara Downgrade ASUS Zenfone 5". Tinggal sesuaikan recovery image sama firmwarenya saja kang

Balas
avatar

Ke Lollpop 60 dulu kang. Baru ke 52. Tidak masalah kondisi root juga, toh nanti setelah upgrade root hilang. Harus root ulang. Saya senang dengar akang Zusuf berhasil root dengan tutorial yang dishare :-)

Balas
avatar

Min kalau setelah update root hilang, di root kembali pakai tutor dari umahdroid bisa min? Soalnya kan itu tutor buat root L 52 dan 60. Terima kasih sebelumnya min.

Balas
avatar

Kemaren bingung mas kalo harus ke 60 dan terpaksa gasak aja langsung ke 78 sempet bootloop dan lama banget ngulang tapi alhmdllh bisa mas tanpa ke 60 dulu..nah font nya cma 3 mas gmana nambah ini dan cara root kmrn masih work ga mas untuk versi ini

Balas
avatar

Alhamdulillah kalo gitu. Jadi bisa buat pengetahuan kita bersama, ternyata bisa langsng ke L 60. Iya, secara default cuma ada 3. Untuk nambah, akang bisa download font APK yang ada di post "Cara Mengganti Font ASUS Zenfone 2, 4, 4S Tanpa Root".

Setelah di download, install seperti biasa. Nanti ketika buka ganti font akan otomatis load font. Pilihannya banyak sekali kang. Silahkan dicoba, semoga berhasil.

Balas
avatar

Iya, kalo habis upgrade firmware tanpa mengaktifkan survival mode pada aplikasi SuperSU, otomatis akan hilang sendirinya. Sama aja koko kang.

Balas
avatar

mas kalo dari versi 40.54 langsung ke 40.78 bisa nggak
disitus asusnya kan ada tulisan gini
Asus Zenfone 5 ( T00F / T00J ) software Gambar : V3.24.40.78 untuk WW SKU hanya *
NOTE1 : Pastikan versi software update setelah V2.22.40.54 pertama sebelum update ke versi perangkat lunak V3.24.40.78
Note2 : Jika Anda telah dienkripsi telepon , mohon gambar cadangan dan mendekripsi telepon (reset ) sebelum update ke Android KK L
Note3 : Jika Anda menurunkan perangkat untuk 2.21.40.44 sebelumnya, silahkan update ke 2.22.40.54 pertama .

Balas
avatar

gan kalo dari versi ww 40.54 langsyng ke 40.78 bisa nggak kan solanya di situs resmi asus cuman tersedia yang versi 40.78 yang versi 40.52 sama 40 .60 sudah nggak ada gan apakah boleh gan

Balas
avatar

Saya sih belum pernah coba. Kalo dilihat note dari ASUS diatas sih bisa. Kemarin ada juga temen disini yang langsung ke L 78 sempat bootloop tapi akhirnya solved. Kalo mau dicoba ya monggo. Normalnya berurutan sih.

L 60 sudah dihapus ASUS? Kalo memang butuh firmware L 60 bisa akang donwload pada post umahdroid "Download Update Android 5.0 Lollipop Untuk ASUS Zenfone 5 (WW)" Silahkan cari postnya

Balas
avatar

Min kok failed ya! Tolong bantuannya min

Balas
avatar

Pertanyaannya ngambang. Sangat banyak faktor gagal. Keterangannya apa?

Balas
avatar

Aman kang tiwo sudah root ulang sudah amaan font nya semua bisa krna cara nya kang tiwo ga ribet jadi bisa di coba dengan mdh...mau tnya soal sygic kang kok susah lock gps nya selalu inaccurate GPS signal tolong dibantu dan di beri solusinya kang.Mksh @www.umahdroid.com

Balas
avatar

Sama-sama kang. Senang rasanya kalo post yang saya tulis bermanfaat untuk orang lalin. Sedikit cerita semalem saya dan temen-temen saya sempat test dari Kitkat 53 langsung ke Lollipop 78 teryata bisa juga. Soal GPS juga bergantung pada lokasi akang. Coba lokasinya di tempat yang lapang.

Balas
avatar

Gan maaf nanya lagi, ngelanjutin pertanyaan saya di FP.. posisi saya sekarang KK di WW-2.22.40.54 dan saya mau upgrade ke lollipop, tp file T00F-WW-3.23.40.52 nya sudah gak ada / di delete, trus agan bilang " Bisa, langsung ke Lollipop 78".. tp saya coba ternyata gagal lagi.. Jadi sekarang langkah apa yang harus saya lakukan..?
saya mau gunakan cara melalui ADB tp bingung menggunakan file recovery yg mana ketika saya berada di 2.22.40.54..? mohon pencerahan nya, Terima kasih sebelum nya, dan maaf ngerepotin

Balas
avatar

Keterangan gagalnya gimana kang? Kalo mau pake ADB pake recovery yang Lollipop 60. Jadi flash recovery image Lollipop 60 dulu baru sideload ke Lollipop 78. Tidak apa-apa, saya berharap pengunjung umahdroid bisa saya bantu maksimal.

Balas
avatar

Kalo tempat sudah lapang kang orang di lapangan hehe...baiklah kang coba saya coba lagi di lain waktu..wah dari kitkat 53 mantep kang kalo bisa langsung..semoga yg belum bisa mau mencoba dan coba yakin bisa semoga minim resiko.hehee

Balas
avatar

Keterangan gagalnya... Waktu update, yg menggunakan cara copy firmwire ke internal memori, ketika update berjalan robotnya tumbang..
Ok deh kang. saya coba dulu yang cara flash recovery dulu ya.. smoga tidak ada kendala lagi.. terima kasih pencerahannya

Balas
avatar

Selamat mencoba, semoga solved dan berhasil utnuk kang Avessina

Balas
avatar

Sejauh pengalaman saya sih begitu kang. Di tempat yang lapang + hidupkan mode accuracy nya. Aamin, semoga saja.

Balas
avatar

Kang tiwo sy dah berhasil update ke 3.24.40.78 dari 3.23.40.52 via OTA, tapi kok ada bug nya di power saver . Klo super power diaktifkan trus recent aplikasi dihapus maka power savernya langsung berhenti sendiri dan asus service jg berhenti, apa di hp akang jg begitu? Tlg dibls-trimakasih.

Balas
avatar

Alhamdulillah berkat mantap situs amahdroid tiap malam akhirnya bisa ke lolipop version 60 juga via adb, setelah saya amati banyak juga kendala nya, mulai dari adb out up date lah, driver gkg ke detect lah, akhir nya bisa teratasi, thanks yah umahdroid. Sekarang mau tanya nih, kalo mau up ke 78 via adb tool dan cara nya gimana yah ? Apakah sama ? Hp saya gk cocok update manual, nyusahin orang aja. Wkwkwk

Balas
avatar

mas tiwo saya mau flash k lolly 40.78 tp gagal mulu di54% knapa yah .mohon bantuannya

Balas
avatar

gan ane udh up ke yg loli 78, saya lewat manual malah. padahal naek ke loli nya stengah mati gk bisa2. manual malah work pas up ke 78. terima kasih kang tiwo

Balas
avatar

root nya juga ane udah berhasil, mudah cepat dan gk ribet. 100 jempol buat umahdroid. harus sering2 berkunjung nih biar gak out up date, hehe

Balas
avatar

Iya, saya juga mengalminya. Untuk mengatasi crash atau sayangnya asus service telah berhenti tinggal akang masuk ke pengaturan > aplikasi terus cari asus service. Kalo udah tinggal di force stop kemudian clear data. Done! Silahkan dicoba, semoga berhasil

Balas
avatar

Terimakasih kang rusdi. Kalo mau pakai upgrade via adb zenfone 5 pertama cari recovery image nya dulu. Flash recovery Lollipop 60 terus sideload ke Lollipop 78. Tutorial lengkapnya bisa akang baca di "Tutorial Downgrade ASUS Zenfone 5". LAngkahnya sama hanya recovery image dan firmware aja yang diganti

Balas
avatar

Saya ikut senang akang berhasil. Terimakasih kang rusdy, kehormatan buat saya Umahdroid bisa selalu di ikuti :D

Balas
avatar

Klo zenfoneku upgrade ke lollipop yg 78 kok mlah sring hang n restart sndri ya gan??tlong srannya...trimakasih

Balas
avatar

Coba factory reset, wipe juga. Jangan lupa backup data

Balas
avatar

Agan, gue makasih banget karena gue udah sukses ngeroot zenfone 5 dari kitkat ke lollipop , walau gue agak kurang paham bahasanya.

Agan, gue mau minta infonya klo zenfone 5 lollipop gue agar bisa pake zenmotion gmn caranya? Trus klo diroot apa ada kendala camera not found kyk waktu gue ngeroot kitkat. Lollipop gue yg 78, apa nanti ada camera not found waktu diroot. Tlong bantuannya.

Balas
avatar

Sejauh yang saya pake root ini zenfone saya belum pernah camera not found. Masih lancar-lancar saja. Bisa sekali, sudah saya posting kok tutorialnya. Monggo akang cari postnya "Mengaktifkan Fitur Zenmotion Doube Tap To Wake Up di Zenfone 5". Selamat mencoba, semoga berhasil

Balas
avatar

Agan, gue mau tanya lagi. Ada yg lupa. Begini klo zenfone 5 gue mau diroot tapi ga backup dulu, kira2 data gue hilang ga gan. Soalnya gue udah baca tutorial zenmotion nya agan emang harus diroot, trus ane mau download adb driver ama intel drivernya kok ga ada, agan.
Tlong bantuannya, soalnya punya gue dulu kehapus. Gue mau aktifin tu zenmotion. Makasih.

Balas
avatar

Sore gan. Hp saya z5 t00f, andro 2.22.40.54 WW. Saya sudah download firmware 3.24.40.78. Sudah saya extract di internal memory dan direboot, tp kok tidak ada notif update system yg muncul ya? Thanks before.

Balas
avatar

Oh maaf. Saya salah download, harusnya yg 40.60 dulu ya. XD

Balas
avatar

Gan, masih gak bisa juga. Udah coba copy dr pc, tetep gak bisa. Help please..

Balas
avatar

Data aman kok. Tapi sebaiknya data itu dibackup secara berkala. Intel USB Driver dan ADB Driver ada di artikel "Tutorial Downgrade ASUS Zenfone"

Balas
avatar

Tidak perlu di extract dulu mba auliya. Kalo notifikasi tidak muncul biasanya penamaan yang salah. Coba mba ekperimen :
1. T00F dirubah jadi T00J
2. Reboot
Soalnya ada beberapa kasus yang seperti itu. Selamat mencoba, semoga berhasil. Kalo bingung bisa ditanyakan kembali. Terimakasih

Balas
avatar

kang aku sudah up ke v.78 tpi ada kekurangannya yaitu. tidak berfungsinya lock screen dengan baik, kadang ngunci sendiri. tolong solusinya kang

Balas
avatar

Kang kok gw pas mau flash recovery img ada tulisan waiting for devices

Balas
avatar

Itu jelas drivernya belum bener kang. Install drivernya dulu sampai terbaca di fastboot devices

Balas
avatar

mas min boleh minta recovery imagenya firmware ini ? soalnya setelah saya pake fw ini terus saya pasang zenmotion hp jadi sering hang sendiri.

Balas
avatar

Kayaknya yang ini engga ada recovery imagenya deh

Balas
avatar

Kang apakah dgn memperbaiki asus service di force close dan clear data bisa memperbaiki kamera asus update terbarunya tidak ada fitur "normal mode" nya, padahal itu keren hasilnya dari fitur itu, gimana supaya saya bisa dpt di zen 5 (root) saya ya kang ? Terima kasih kang

Balas
avatar

Alhamdulillah aman kang arie jika ikuti intruksi cara rootingnya benar, HH saya kebetulan sudah root untuk zen5 lollipop 5.0, dan bnr kata kang tiwo buat jaga" sebaiknya di backup, selamat mencoba :)

Balas
avatar

Kang tiwo saya mau tanya, setelah update tdk ada zen motionnya, gimana atuh kang, apa kesalahan saat update atau karna root saya ya ? Mohon bimbingannya, hatur nuhun kang

Balas
avatar

Setelah update firmware kang? Kalo iya, memang normalnya seperti itu. Root dan konfigurasi yang kita buat akan hilang. Saya juga begitu, jadi root ulang dan tambah manual lagi. Nuhun kang faisal

Balas
avatar

Yap, benar kang faisal. Backup sebaiknya dilakukan secara berkala. Saya juga sudah buatkan artikel tentang pentingnya sebuah backup. Walaupun kita engga punya media penyimpangan fisik, kita masih bisa gunakan layanan berbasis cloud / cloud service. Banyak sekarang layanan itu. Google Drive yang ada secara default di ponsel android juga bisa kita gunakan

Balas
avatar

Tidak kang. Itu hanya servie asusnya saja. Normal mode bukannya sama saja dengan auto mode kang?

Balas
avatar

mas min saya mau nanya setelah upgrade ke L V3.24.40.78 kok GPS nya gak mau digunain? GPS aktif tapi buka Maps/Earth gak dapat menemukan lokasi saya. Mapsnya gak respon ke tujuan gps nya

Balas
avatar

Coba kang rahmat dwi coba di tempat yang terbuka. Lapangan misalnya. Tempat kita berada juga ngaruh banget sama keakuratan GPS kang. Oh iya, pilihan GPS nya sudah di mode high accuracy belum kang?

Balas
avatar

Saya sudah buatkan postnya. Buat yang flash Lollipop 40.78 Zenfone 5 gagal di 54%. Tutorialnya ada di "Mengatasi Stuck di 54% Saat Upgrade Zenfone 5 ke Lollipop"

Balas
avatar

hp ane kan kitkat T00F_WW_User 2.22.40.54,, saya coba erbarui sistem, ko robotnya tumbang bro? inikan pembaruan langsung dari asusnya?
knnpa karna apa ya bro?
Mohon bimbingannya ;)

Balas
avatar

Kang admin, ane mau upgrade via adb langsung ke versi lolipop 78 kang, file recovery imagenya bisa didapet dimana ya?

Balas
avatar

Ambil recovery dari file zip nya aja gan . Kalo mau via adb. File zip rom nya di dalam kan ada recovery nya ambil aja .

Balas
avatar

Gan, mau minta solusi. saya udah pke L78 beberapa bln. belakangan ini ada error, com.android.setting has stop. kmudian saya coba flash lagi dgn firmware yg sama tp selalu gagal di 54%. mohon pencerahan gan. trims

Balas
avatar

Kangsaya masuk blog nya kok ada tulisan matikan adblok cara hilangin nya gimana

Balas
avatar

upgarde kitkat versi 54 ke lolipop 78 bisa langsung kok saya udah work 100%,,,,,coba aja,,,,

Balas
avatar

Kan zenfone 5 saya ko waktu d update ke lolypop eror mulu ya, mentok masuk robot ijo tumbang abis itu ngrestart balik lg ke semula solusinya g mna ya kata temen saya karna pernah instal xposed

Balas
avatar

Bisa ya gan.. ane mau coba juga ahh..

Balas
avatar

Kang, ini upgrade ke lollipop apa baterainya cepet habis?
Punyaku kok sepertinya lebih cepet habis dripada sebelumnya pakai kitkat?

Balas
avatar

gan,, ane mau nanya..
ane user zen 5 versi nya masih lawas..
versi 2.20.40.9 dan ane mau up ke 3.24.40.78..
step2 yg harus ane lakuin apa gan??
klo bisa via ADB gan.. biar hemat quota...

Balas
avatar

Gan zenfone 5 sy versinya 2.22.40.54 itu klo mau ke lollipop harus upgrade ke android 60 dulu ya apa langsung ke 78 ?.
MOHON Penjelasannya

Balas
avatar

Mas tiwo mau nanya, zenfone saya kan zf5 T00J TW nha saya download thu yg T00F TW, kan seharusnya kalo mau kepasang ke HH saya F ganti J nha setelah saya ganti J itu koq g mau notifikasi sama sekali, tp kalo dikasih yg T00F itu keluar cuma entar gambar robotnya jatuh/gagal gmn mas solusinya
terimakash

Balas
avatar

Itu sudah dijelaskan dengan trik nya mas andi faiz di posting ini :

http://www.umahdroid.com/2015/06/tutorial-update-manual-asus-zenfone-456.html

Screenshot terakhir mas.

Balas
avatar

Bisa kok, saya sudah pernah coba. Ada temen diatas juga mas joko priyanto berhasil dari firmware 54 langsung ke 78 tanpa 60 dulu

Balas
avatar

Itu masalah recovery / firmware yang korup. Saya sudah pernah bahas cara mengatasinya. Silahkan mas cari lewat label firmware

Balas
avatar

GAN TIWO,SAYA MAU NANNYA HP SAYA ZEN 5 TOOF 1.18.40.10.
MASIH JELLY BEAN,SAYA MAU UPGRADE KE KITKAT KOK SELALU GAGAL YAH?
MOHON PENCERAHANNYA YA HEHE.MAKASIH

Balas
avatar

Gagalnya kenapa mas? Ada pesannya engga? Upgradenya dari firmware mas sekarang ke firmware berapa? Kalo manual tidak bisa loncat langsung

Balas
avatar

gan, zenfone 5 sy v lolillpop 78 (tw) bootloop ,saat flash via adb sideload total xfernya 0.00x mohon bantuannya n makasi

Balas
avatar

Mas tiwo mohon bantuannya dong ane newbie nih..
Versi firmware ane skrg 2.22.40.54 (kitkat)
Ane mau upgrade ke Lollipop 3.24.40.87 melalui ADB (bukan manual)
Ane harus pake recovery versi berapa mas? Tolong dijawab secepatnya mas, yg detail juga ya.. thanks

Balas
avatar

Kita engga tau pastiya kenapa. Sudah saya usahakan cari ada banyak sekali jawaban dan kemungkinan. Salah satunya yang mungkin (paling mendekati) adalah bug adb. Coba unisntall terus install dengan versi yang lebih baru

Balas
avatar

Mas aku dahdownload romnya tp dah ku estrax folder dah di luar tp kok nggak bisa updet knpa ya

Balas
avatar

Hasil extract ada berapa file mas? Kalo banyak berarti tidak perlu di extract terlebih dahulu

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.