Tips dan Trik menyelamatkan Handphone Terendam Air

20:35
Tips Menghindari Kerusakan Pada HP Yang Tercebur Air - Kejadian ponsel yang tersebur kerap dialami pengguna. Belakangan ini sudah ada beberapa produk ponsel pintar / smartphone Android yang menggunaan teknologi waterproof.

Hingga pemilik smartphone tersebut melakukan stress testing mulai dari air biasa, bakso, kolak sampai es campur. Padahal teknologi ini hanya sebagai protektor dan fitur lebih, bukan untuk diperlakukan seperti itu.

Tapi ya sudahlah, namanya juga manusia.

Kembali ke topik, ketika HP kita tercebur acap kali kita melakukan hal yang salah. Yang dampaknya bukan menyelamatkan ponsel tersebut tapi malah lebih memperparah kondisinya.

Nah, pada post kali ini Umahdroid akan berbagi tips untuk mengatasi / menghindari kerusakan, konsleting pada smartphone yang tercebur ke air.

Tips dan trik menyelamatkan Handphone Terendam Air

Yang pertama, utama dan pasti ketika ponsel masuk ke dalam air, segeralah sobat mengeluarkannya. Semakin lama ponsel berada di dalam air maka semakin banyak cairan yang akan masuk melalui celah-celah HP sobat.

Ada pula hal-hal yang harus sobat hindari untuk menghindari kerusakan permanen.

1. Harus Dihindari Jika HP Tercebur ke Air

Apa saja daftarnya? Nah berikut adalah daftar dibawah ini adalah hal yang harus sobat hindari segera ketika ponsel sobat baru masuk ke air :
  1. Jangan menyalakan HP sobat
  2. Jangan menekan tombol apapun
  3. Jangan digoyang-goyangkan
  4. Sebaiknya juga jangan dibongkar terlebih dahulu
  5. Jangan ditiup
  6. Jangan dipanaskan baik menggunaan hairdryer ataupun microwave

2. Harus Dilakukan Jika HP Tercebur ke Air

Setelah daftar yang tidak boleh sobat lakukan diatas, sekarang adalah langkah-langkah penyelamatan untuk menghindari kerusan :
  1. Matikan HP segera ( apabila masih menyala )
  2. Tegakan posisi ponsel sobat
  3. Apabila ponsel sobat menggunakan casing, segera lepaskan
  4. Ambil batterai dari smartphone sobat ( jika bisa dicopot )
  5. Keluarkan MicroSD dan SIM Cards dari slot
  6. Bersihkan air yang ada dengan kain atau handuk
  7. Jika penyebaran air lebih luas,sobat bisa gunakan vacuum untuk menyedot air yang berada di dalam
  8. Masukan HP sobat tadi ke dalam tempat beras. Kalo di desa biasanya pake gentong, masukin aja disana. Tapi kalo engga punya berasnya bisa dimasukan ke ziplock. Itu loh plastik yang biasanya buat obat
  9. Diamkan sampai 1-2 hari hingga benar-benar kering
  10. Berdoa *wajib

Tips dan Trik menyelamatkan Handphone Terendam Air

Setelah waktu mandi dan semedi beras ponsel sobat berakhir, sambil berdoa coba masukan baterai dan nyalakan. Jika bisa menyala, silahkan sobat test semua fungsi ponsel apakah berjalan normal.

Kemudian apabila ponsel tidak menyala sama sekali, coba untuk men-charging-nya dan lihat apakah berfungsi. Bila tidak, mungkin sobat kurang berntung, silahkan coba bawa ke service center.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang Tips dan Trik menyelamatkan Handphone Terendam Air untuk menghindari kerusakan. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

2 Komentar
avatar

wkwkwk. thumbnail imagenya. jomblo-jomblo pasti demen yang beginian. makasih artikelnya :))

Balas
avatar

:D buat hiburan mba, biar ada suasana baru di umahdroid.com

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.