KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tutorial Update Firmware Manual Asus Zenfone 4,5,6 Lengkap

Cara Update Manual Asus Zenfone 4,5,6 - Beberapa hari terakhir saya mendapat beberap email dari sobat umahdroid yang masih bingung dan menanyakan bagaimana tutorial update Lollliop untuk Asus Zenfone 5.

Jadi karena itulah kali ini saya menulis tentang bagaimana cara update manual Zenfone 4,5,6. Sebenarnya ada cara lain selain cara manual ini yakni menggunakan PC/Laptop dengan adb tools. Lalu apa perbedaan update manual dan menggunakan adb? Kurang lebih perbedaanya seperti ini :

Perbedaan Cara Update Firmware Zenfone

1. Metode ADB

Metode ADB membutuhkan PC/Laptop yang sudah terinstall Intel USB Driver, adb, fastboot, kemudian file recovery dan pastinya firmware yang akan di install.

Update Firmware Zenfone 5

Kelebihannya, kita bisa lebih leluasa untuk meloncat ke versi firmware berapapun. Metode ini akan menghapus semua yang ada memory internal. Saya biasanya menggunakan adb hanya untuk downgrade dan flash ulang. Monggo sobat baca cara downgrade Asus Zenfone 5.

2. Metode Manual

Jika kita menggunakan manual maka update firmwarenya harus urut. Artinya sobat harus mendownload semua firmware yang dibutuhkan untuk mencapai versi tertentu.

Contoh : Zenfone 5 T00F saya dengan SKU WW, masih kitkat dengan firmware 2.21.40.44, akan saya update menjadi android lollipop, maka yang harus saya lakukan adalah mendownload firmware UL-ASUS_T00F-WW-2.21.40.53-user.zip ( Kitkat versi terakhir ), setelah itu baru download UL-ASUS_T00F-WW-3.23.40.52-user.zip ( Lollipop ).

Poin ini harus sobat perhatikan benar-benar HARUS URUT!

Untuk mencapai Lollipop maka Zenfone sobat harus pada firmware Kitkat terakhir. Urutan dari firmware Zenfone 5 bisa sobat lihat pada screenshot dibawah ini :

Daftar Firmware Zenfone 5

Namun kali ini saya tidak akan membahas dengan cara via ADB, saya akan membahas versi manual saja. Pertama yang harus diperhatikan adalah versi SKU dari HH sobat.

Jika versi SKU sobat adalah WW maka harus dipasangkan dengan WW. Begitu juga dengan yang lain TW dengan TW, CHT dengan CHT.

Jangan sampe salah pilih, karena jika sampai salah pililh dipastikan gagal saat update. Untuk melihat versi SKU dan Firmware yang sobat gunakan bisa masuk ke menu Setting -> About -> Software Information. Lihat screenshot seperti dibawah ini :

Cara Melihat SKU dan firmware Zenfone

Pada gamabar diatas kita bisa melihat informarsi : Zenfone saya tipe T00F dengan SKU versi WW dan firmware yang digunakan adalah 3.23.40.52. Kita langsung saja masuk tutorialnya

Cara Upgrade Firmware Manual Zenfone

Step 1 - Pastikan Zenfone sobat sudah ada di versi kitkat terakhir yakni 2.22.40.53 atau 2.22.40.54. Download Firmware 2.22.40.53 Zenfone 5 dan Zenfone 6.

Pengalaman pada kemarin saat update Zenfone 5 T00F saya kemarin dari 2.22.40.53 langsung ke 3.23.40.52 sih lancar jaya tanpa ada masalah.

Step 2 - Perhatikan juga daya batterai Asus Zenfone sobat cukup, setidaknya 50% untuk jaga-jaga.

Step 3 - Setelah firmware yang diperlukan sudah siap, buka file tadi. Saya kasih gambar saja biar jelas. Perhatikan gambar dibawah ini :

Firmware ASUS Zenfone 5

Apabila file di dalam firmware tadi berisi file seperti gambar di atas maka tidak perlu di extract. Tapi jika setelah dibuka hanya ada 1 file zip, maka harus di extract dulu sebelum lanjut.

Step 4 - Untuk sobat yang mengunakan Zenfone 5 tipe T00J tinggal ubah nama bagian T00F menjadi T00J. Jadi misalkan UL-ASUS_T00F-WW-3.23.40.52-user.zip, tinggal direname saja menjadi UL-ASUS_T00J-WW-3.23.40.52-user.zip. T00F/T00J menggunakan angka nol, bukan huruf O.

Step 5 - Copy firmware tadi dan paste atau letakan di memory internal ( biarkan diluar, jangan ditaruh di dalam folder ). Lihat screenshot berikut :

Tutorial Update Firmware Manual ASUS Zenfone 4,5,6

Step 6 - Akan muncul notifikasi pada status bar. Gulir kebawah, dan tap pada notifikasi tersebut. Nanti sobat akan menjumpai konfirmasi yang bunyinya seperti ini :

"System upgrade available
System Update will take several minutes. You will not able to use your device during this time. Please connect the power adapter or ensure that the battery life is at last 15%. Do you want to proceed?"

Kemudian pilih OKE untuk melanjutkan, dan Cancel untuk membatalkan. Apabila notifikasi belum muncul, Reboot dulu HP sobat.

Tutorial Update Firmware Manual ASUS Zenfone 4,5,6

Jika belum muncul juga periksa lagi langkah di atas. Terkadang juga kesalahan penamaan antara tanda (-) dan tanda (_). Format yang benar bisa sobat lihat pada gambar ke-1 atau ke-3 diatas.

Step 7 - Ponsel akan Restart dengan sendirinya dan proses update akan berjalan.

Step 8 - Prosesnya memakan waktu yang cukup lama, sekitar 20-30 menit. Dan HH akan panas, lebih bagus lagi jika di kipasin agar bisa meredam panas yang ditimbulkan saat pembaruan sistem ke Lollipop.

Step 9 - Setelah Zenfone hidup kembali, tunggu sampai selesai upgrading aplikasi.

Step 10 - Dan akhirnya selesai proses pembaruan sistemnya.

Terkadang setiap Restart akan muncul Upgrading Application. Tidak perlu kawatir, kejadian ini wajar. Jadi lakukan Reboot sampai notifikasi tersebut hilang. Dalam kasus ini setiap HH berbeda, ada yang cuma 1 kali, 2 kali, 3 kali, bahkan ada yang sampai 5 kali.

Beberapa hari yang lalau 2x saya update Zenfone 5 T00F milik saya dan teman saya sukses tanpa masalah dengan menggunakan metode ini. Setelahnya juga sempet saya update Zenfone 4 kepunyaan Bapak dan sukses pula.

Namun untuk Zenfone 4 tadi lebih memerlukan waktu yang lebih lama, sekitar 40 menit.


Saya sudah buatkan video sebagai gambaran bentuk, fitur, dan tampilan Zenfone 5 Androi Lollipop, silahkan lihat video berikut :

Update 1

Bagi sobat yang kesulitan, tidak muncul notifikasi update / upgrade system di Asus Zenfone 5 T00J setelah dicopy / dipindah ke memory internal coba solusi dari Kang Andi Faiz berikut ini :

Solusi ASUS Zenfone 5 Tidak Muncul Notifikasi Update

Update 2

Bila sobat mendapati ketika membuka Google Play Store muncul error silahkan baca solusinya pada post mengatasi unfortunately Google Play Store has stopped.

Update 3

Jika yakin sudah benar semua tapi belum juga muncul notifikasi, coba lakukan factory reset dulu. Soalnya ada beberapa kasus yang tidak kunjung muncul update notification di factory reset dulu kemudian muncul notifnya.

Update 4

Bila mengalami masalah saat Upgrade dengan keterangan E:failed to verify whole-file signature, silahkan sobat baca post yang sudah saya publish di Zenfone E:failed to verify whole-file signature saat upgrade firmware.

Itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Tutorial Ugrade Manual Asus Zenfone 4,5,6 Dari Jelly Bean ke Kitkat, Kitkat ke Lollipop. Jika bingung dan ada yang ditanyakan silahkan komentar dibawah. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Credit rafli svc on YouTube
393 komentar

393 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Anonim
    Anonim
    19 November
    gan, sy mw tanya versi sku sy user_ww_1.18.40.10 trus mw update ke kikat tapi sy cek di system update mintanya versi 2.20.40.13 sedangkan jika manual harus dari versi 2.19.40.18. nah sy harus urut atau loncat ke 2.20.40.13 ?
    • Anonim
      Tiwo Satriatama
      19 November
      • Kunjungi profil
      Kalo manual wajib urut satu-persatu sampai di versi yang dituju kang Josh. Kecuali kalo pake ADB bisa loncat-loncat ke fimrware berapapun. Artinya bisa untuk upgrade, downgrade sekaligus flash ulang.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    18 November
    • Kunjungi profil
    Gan, pnya ane T00J WW, mw up ke .53, tiap mw up kesalahan trus, fw nya T00F tpi klu d rename ke T00J notif gk muncul, jdi gmn yaa?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      18 November
      • Kunjungi profil
      Tetep pakai / dibiarkan tetep T00F ga papa kang. Asal muncul notifikasi aja. Kesalahannya seperti apa? Silahan sebutkan disini kang.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    07 November
    • Kunjungi profil
    gan punya ane pas restart setelah logo asus pertama malah keluar icon usb itu kenapa ya?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      07 November
      • Kunjungi profil
      Silahkan akang cari dan baca post yang pernah saya publish di umahdroid judulnya "Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Zenfone Stuck di Logo USB".

      Semoga bisa membantu. Terimakasih
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    03 November
    • Kunjungi profil
    Asus zenfone 5 q waktu proses instal kok malah mncul tulisan mengahapus. Seharusnya kan muncul tulisan system updating
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 November
      • Kunjungi profil
      Firmwarenya akang download dimana?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    03 November
    • Kunjungi profil
    masih gan, setiap reboot selalu muncul "meningkatka aplikasi" sebelum masuk ke homescreen...
    tolong pencerahannya....
    file firmware yg terbaru ada gak gan buat t00f cht saya? punya saya UL-ASUS-T00F-CHT-3.23.40.58-user.zip
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 November
      • Kunjungi profil
      Sudah coba factory reset atau wipe data kang? CHT yang paling baru memang masih 3.23.40.58 sampai saat ini.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    01 November
    • Kunjungi profil
    gan, kalau sudah berhasil update ke lollipop, file update yg kita copy ke internal storage boleh dihapus gak?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      02 November
      • Kunjungi profil
      Boleh kang. Silahkan dihapus saja. Sekalian jawab pertanyaan dibawah, CHT memang tidak serajin update, tidak seperti TW dan WW. Sampai sekarang masih muncul?
    Reply
  • Mohammad Alfian Sururi
    Mohammad Alfian Sururi
    26 Oktober
    • Kunjungi profil
    saya udah copy ke internal. saya juga sudah update kitkat terakhir. tapi notifnya gak keluar, punya saya T00F. saya sudah reboot berkali-kali.
    • Mohammad Alfian Sururi
      Tiwo Satriatama
      02 November
      • Kunjungi profil
      Lihat di dalam file firmwarenya. Jika berisi 1 zip saja, maka harus di extract satu kali terlbih dahulu
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    26 Oktober
    • Kunjungi profil
    om master, saya pakai zenfone 5 t00j TW, sudah download lollipop t00f/t00j tapi yang keluar notif nya hanya t00f, jika saya rename jadi t00j tidak keluar notif nya. lalu saya coba upgrade sesuai notif yang muncul (t00f) tapi selalu error package. error status 7 dan error status 1. mohon solusi nya om master
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      02 November
      • Kunjungi profil
      Apa sudah benar SKU nya? Kesalahan memilih SKU sudah dipastikan akan gagal upgrade.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 Oktober
    • Kunjungi profil
    punya sya zenfone 5 ASUS_T00J_TW_user_2.22.40.54, sdh berulang kali download firmware (UL_ASUS_T00J_TW_3_23_40_52) nya baik dri situs resmi asus maupun dri beberapa blog tpi masalahnya ttp sma, file zip ketika dibuka ada file zip lgi yaitu UL-ASUS_T00F-TW-3.23.40.52-user.zip ini langkahnya harus di extract dlu kan? tpi ketika sya extract file selalu corrupt. mohon bantuannya. terima kasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      02 November
      • Kunjungi profil
      Iya, benar. Harus extract satu kali lagi. Usahakan internet akang stabil saat download. Ini memang sering terjadi pada user-user Zenfone 5
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    22 Oktober
    • Kunjungi profil
    Bang notifnya ga ada bang . Dan ber ulangulang kali tetap ga Bisa. T00F_User_2.22.40.54
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Oktober
      • Kunjungi profil
      Sudah baca komentar-komentar diatas?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    22 Oktober
    • Kunjungi profil
    mas mohon bantuannya.
    saya dari TW-2.22.40.54 setiap update ke TW-3.23.40.52 dengan langkah copy internal maupun adb selalu gagal update, klo gak bootloop dengan error E: can't open /tmp/update-script.log

    ada solusinya gak mas.
    terimakasih sebelumnya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Oktober
      • Kunjungi profil
      Ada keterangan error "E:faiLed to verify whoLe-fiLe signature from /tmp/update.zip" kang?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    21 Oktober
    • Kunjungi profil
    Akhirnya bisa lollipop. Saya mengikuti saran Andi Faiz diatas. Makasi.
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      21 Oktober
      • Kunjungi profil
      Sama-sama mbak Lisa. Selamat! Semoga berkah
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    21 Oktober
    • Kunjungi profil
    Misi saya mau nanya. Saya udh download sesuai SKU. Firmware saya skrg T00J TW 2.22.40.54. File zipnya udh diubah dari T00F ke T00J tapi tetep gak muncul notifnya. Kalo T00F baru muncul. Udh dicoba kalo muncul notif langsung ubah ke T00J. Notifnya langsung ilang. Solusinya gimana ya? Makasi.
    Reply
  • james
    james
    21 Oktober
    • Kunjungi profil
    Akhirnya bisa upgrade ke Lolipop 5.0 juga. Thank u bang Tiwo... mantap problem solved nya...
    • james
      Tiwo Satriatama
      21 Oktober
      • Kunjungi profil
      Sama-sama kang james. Senang bisa berbagi :D
    Reply
  • james
    james
    17 Oktober
    • Kunjungi profil
    2.23.40.52 atau 3.23.40.52?
    • james
      Tiwo Satriatama
      18 Oktober
      • Kunjungi profil
      Lollipop 3.23.40.52 kang
    Reply
  • james
    james
    17 Oktober
    • Kunjungi profil
    Bang punya saya asus Asus T00f 2.22.40.54
    Saya langsung download yang 40.54 atau ke 40.52 dulu??
    Mohon pencerahannya..
    • james
      james
      17 Oktober
      • Kunjungi profil
      Bang punya saya asus Asus T00f 2.22.40.54
      Saya langsung download yang 40.60 atau ke 40.52 dulu??
      Mohon pencerahannya..
    Reply
  • rizkorachmayadi@gmail.com
    rizkorachmayadi@gmail.com
    15 Oktober
    • Kunjungi profil
    bang tiwo saya mau nanya kan saya habis download firmware asus T00J di laptop terus saya pindahkan melalui kabel date ke hp zenfone saya dan setelah ada notif upgrade saya upgrade setelah selesai kenapa sinyal HH saya hilang ?? dan saya cek IMEI juga tidak muncul apakah itu yang di maksud dengan flash ? mohon pencerahanya bang tiwo terimakasihh
    • rizkorachmayadi@gmail.com
      Tiwo Satriatama
      17 Oktober
      • Kunjungi profil
      Kalo IMEI karena upgrade biasanya downgrade aja bisa fix kang. Flash ini adalah install ulang android kita. Berbeda dengan factory reset yang hanya mengembalikan ke settingan awal pabrik.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    14 Oktober
    • Kunjungi profil
    yg di copy yg apa?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      14 Oktober
      • Kunjungi profil
      Firmwarenya yang akang download
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 Oktober
    • Kunjungi profil
    gan maaf kenapa di asus z5 saya ga minta upgrade padahal udah ditaro di penyimpanan internal frimewarenya yg disuruh download . , terkhir frimware di z5 saya 2.22.40.54 . mohon bantuannya gan terimakasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      13 Oktober
      • Kunjungi profil
      Maksudnya tidak muncul notifikasi upgrade? Zen5 nya tipe apa (SKUnya)?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 Oktober
    • Kunjungi profil
    Asus saya sukses di update ke lollipop tp, ada masalah di google play nya kang... notifikasi google play telah terhenti terus menerus
    Mohon solusinya kang
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      12 Oktober
      • Kunjungi profil
      Coba lakukan clear data saja dulu kang
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Oktober
    • Kunjungi profil
    asus zenfone saya kok gak ada notif updatenya ya gan mohon batuannya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      04 Oktober
      • Kunjungi profil
      Di update manual saja kalo gitu
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    25 September
    • Kunjungi profil
    Kak,kok setiap kali buka recovery nya zenfome 5 saya selalu muncul E:Cannot open /tmp update-script.log?Setiap kali mau upgrade Ke Lolipop dan selalu gagal update?Mohon penjelasannya.
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      26 September
      • Kunjungi profil
      Sekarang ada di firmware berapa? SKU apa?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 September
    • Kunjungi profil
    Zenfone 6 sy sku ww fw 1.14.40.50 klo mau update download yg mn??
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      26 September
      • Kunjungi profil
      Akang mau ke firmware berapa?
    Reply
  • Ronald sadewa channel
    Ronald sadewa channel
    23 September
    • Kunjungi profil
    Gan.. kalau dari 2.22.40.54 lagsung ke 3.23.40.60 bisa ga ya,,,,/?
    • Ronald sadewa channel
      Tiwo Satriatama
      23 September
      • Kunjungi profil
      Saya pribadi belum pernah coba. Tapi di forum dan grub banyak yang sudah coba dari 54 lamgsung ke 60 berhasil
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 September
    • Kunjungi profil
    Punya saya ASUS Zenfone 5 A501CG, Saya sudah mengikuti cara cara persis yang di atas seperti temen temen yang sudah berhasil, tetapi punya saya berkali kali saya restart tetep tidak mau muncul notifikasi, mohon bantuanya.........
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      23 September
      • Kunjungi profil
      T00F atau T00J? Sudah coba pake cara screenshot hangouts diatas? Kalo susah PM saja saya do hangouts
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    22 September
    • Kunjungi profil
    ini kena pas bru 1/4 pasti robot tumbang ya?
    sekarang lg di 54
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 September
      • Kunjungi profil
      SKU sudah benar? Ada aplikasi security yang terinstall? Kalo ada remove dulu, kemudian ulangi lagi langkahnya. Selamat mencoba, semoga berhasil
    Reply
  • ree
    ree
    21 September
    • Kunjungi profil
    Om, mau tanya. Skrg zenfone 5 ane lg di 2.19.40.18, kalo ane langsung taro update yg 2.2240.54 di internal, terus ane install, bisa ga ya om kira kira? Thx
    • ree
      Tiwo Satriatama
      21 September
      • Kunjungi profil
      Engga bisa. Kalo upgrade manual wajib urut.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 September
    • Kunjungi profil
    Mas asus zenfone 6 T00G_TW pnya saya bermasalah setelah di up ke L . Setiap saya reboot selalu muncul "meningkatka aplikasi" sebelum masuk ke homescreen .. bagaiman mengatasinya mohon bantuannya .
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      19 September
      • Kunjungi profil
      Wajar kang. Hampir semua juga mengalami kejadian yang sama. Reboot sampe 5x biasanya sudah hilang sendiri
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 September
    • Kunjungi profil
    Mas Tiwo Saputra punya saya download aplikasi pembaruan loliponnya tapi belum muncul notifnya .... ada selanjutnya bagaimana padahal sudah benar semua... mohon tutornya dong
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      19 September
      • Kunjungi profil
      Apa langkah-langkahnys sudah yaking benar? Zenfone berapa? SKU apa? Versi sekarang di firmware berapa?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 September
    • Kunjungi profil
    Mas, ane mau tanya
    Asus ane kan T00J versi TW
    sudah ane download punya T00F versi TW
    tapi pas ane rename ke T00J gak kebaca
    malah waktu ane rename lagi ke T00F baru kebaca
    gimana tuh mas
    apakah bisa upgrade ?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      14 September
      • Kunjungi profil
      Memang ada kasus yang begitu. Dilanjut aja, nanti saya sertakan percakapan kasusnya dengan salah satu teman disini.
    Reply
  • Oy!Phone
    Oy!Phone
    08 September
    • Kunjungi profil
    punya ane sama seperti mas erik boss nggak bisa keluar notif nya.
    • Oy!Phone
      Tiwo Satriatama
      08 September
      • Kunjungi profil
      SKU nya apa? sekarang ada di FW berapa? Kalo memang kasusnya sama kaya kang erik, cuma extract sekali terus taruh ke internal udah muncul
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    05 September
    • Kunjungi profil
    Saya mau tanya gan, pny sy zenfone 5 ada di ww.2.21.40.44 udh donwload ww.2.21.40.53, udh ada notifnya, trus di rebort, tetep gak bisa,gmn solusinya,apakah krn sebelumnya su pernah di root, tetapi sudah di unroot kembali .. terimakasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      05 September
      • Kunjungi profil
      Keterangan errornya gimana kang? yang sering terjadi file yang di download corrupt
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    03 September
    • Kunjungi profil
    gan mau nanya . punya saya ASUS T00F WW_user_2.19.40.18
    kalo mau updet ke lollipop yg mana aja ya urutam updet nya. terimakasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 September
      • Kunjungi profil
      Sudah saya sertakan gambar urutannya. Monggo akang cek sendiri di gambar paling awal. Selamat mencoba
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    01 September
    • Kunjungi profil
    ASUS_T00F_WW_user_2.22.40.54_20150527_44release-keys
    bisa ngag di upgrade ke lollipop gan ,apa harus 2.22.40.53
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      01 September
      • Kunjungi profil
      Bisa langsung. Silahkan dicoba, semoga berhasil
    Reply
  • Thokenk
    Thokenk
    31 Agustus
    • Kunjungi profil
    Kang, koq ane update malah kluar gambar logo usb yah
    • Thokenk
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Masuk ke droidboot kemudian reboot dari sana. Kemudian coba update lagi
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    30 Agustus
    • Kunjungi profil
    tolog saya, hp saya ASUS T00J, mau up ke lollipop udah download fw nya udah di taro di internal tapi ga ada notifikasi sama sekali udah di restart bebrapa kali juga sama ajah, tolong bantuan nya,,
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      31 Agustus
      • Kunjungi profil
      Nama firmwarenya sudah dirubah?
    Reply
  • Febry Artha
    Febry Artha
    28 Agustus
    • Kunjungi profil
    Om ini zn6 gw gagal terus pas update ke lolipop dulu pernah di root terus saya unroot nah sejak itu gagal terus pas update..tolong dong om solusinya
    • Febry Artha
      Tiwo Satriatama
      28 Agustus
      • Kunjungi profil
      Gagalnya kenapa kang?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    27 Agustus
    • Kunjungi profil
    Bang, Kalau punyaku T00F_User_2.22.40.54 Bisa tidak yaa..
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      27 Agustus
      • Kunjungi profil
      Bisa sekali kang
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    26 Agustus
    • Kunjungi profil
    Gan nanya
    Misal kita mau ke lolly versi 60 dari fw 54 lewat adb
    Recovery.img yg digunakan punya yg Fw berapa
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      26 Agustus
      • Kunjungi profil
      Pake recovery 3.23.40.52
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 Agustus
    • Kunjungi profil
    Udah muncul notif stelah sya ok tiba muncul gambar bootloop ..stelah direboot malah ga muncul notif lagi pdahal file firmware masih ada..mhon pncerahan min..tenkyu
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 Agustus
      • Kunjungi profil
      Copy ke media lain dulu. Kemudian taruh lagi di HH kang zolay. Silahkan dicoba, semoga berhasil
    Reply
  • rizqi
    rizqi
    24 Agustus
    • Kunjungi profil
    ok mas ini uda sy unroot. dari super su nya lgsg ada option full unroot. trus nyoba check update (via OTA) koq ga dpt2 ya??

    kdua... kalo sy update manual berarti dari versi firmware sy yg sekarang (TW 2.21.40.39) berarti harus ke TW 2.22.40.44 dulu ya?
    • rizqi
      Tiwo Satriatama
      24 Agustus
      • Kunjungi profil
      OTA biasanya lama. Itu juga kalo dapet. Yang udah dioprek biasanya udah ga dapet OTA lagi.Typo ya kang? 2.21.40.30 bukan 2.21.40.39 :D
      Iya, kalo manual intinya harus urut.
    Reply
  • rizqi
    rizqi
    22 Agustus
    • Kunjungi profil
    maaf mas sy mw nanya, zen 6 sy TW 2.21.40.39. dan sdh dlm kondisi root. langkah apa sbaiknya utk update firmware asus sy ini mas, ada yg blg gak apa2 di update dlm keadaan root asal dgn cara manual. ada jg yg blg riskan. menurut mas gmna? trims
    • rizqi
      Tiwo Satriatama
      22 Agustus
      • Kunjungi profil
      Saya update lollipop dari 3.23.40.52 ke 3.23.40.60 dalam keadaan root enggak masalah. Tapi setelah update rootnya ilang, jadi harus di root ulang. Memang terkadang riskan. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan sebaiknya di unroot dulu saat update manual. Untuk update ada 2 cara, manual dan via adb. Kalo mau loncat-loncat firmware pake adb saja.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15 Agustus
    • Kunjungi profil
    Mas tolong di bantu donk,punya saya ASUS_T00F_CN_user_1.19.40.51_20190601.
    Saya sudah download firmware dari versi
    ASUS_T00F_CN_user_1.18 sampek versi 2.22,sudah saya letakin file extracny ke internal tetap gk ada notifny,kondisi sudah root,tolong y mas di bantu,udah galau ne paket hbis banyak
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      15 Agustus
      • Kunjungi profil
      Coba dicek satu-satu lagi langkahnya. Banyak kasus kesalahan pada nama dan file jadi enggak muncul
    Reply
  • Chandra'z
    Chandra'z
    13 Agustus
    • Kunjungi profil
    mas, hp saya asus T00J versi WW 2.22.40.54
    saya coba upgrade menggunakan recovery 2.19.40.18_ww_recovery.img
    untuk upgrade ke lolipip versi 3.23.40.52 menggunakan cmd adb
    nah pas lagi upgrade tuh malah ada tulisan gini

    Verfying update package..
    installing update..
    only higher than Android 4.4.2 20150409 image version can upgrade to Android 5.0
    E: Error in /tmp/update.zip
    (status 7)
    E: foto_return_code 409
    Installation aborted
    E: Can't open /tmp/update-script.log
    • Chandra'z
      Tiwo Satriatama
      15 Agustus
      • Kunjungi profil
      Kalo mau ke 3.23.40.52 recovery imagenya pake yang 2.22.40.53
    Reply
  • wewems
    wewems
    04 Agustus
    • Kunjungi profil
    ini versi kesekian kali ane nnya di blog, asus zenfone 5 ane versi ASUS_T00J_TW_user_1.15.40.35_20140715_3835
    asal ane coba upgrade selalu tumbang si icon androidnya gan.apa langkah yang ane lakuin untuk up ke kitkat seperti agan saranin diatas?
    versi os ane skrg jelly bean 4.3...
    terimaksih atas saran agan, klau berhasil ane isiin agan pulsa (serius ini gan), please kirim turtorial dan langkah2nya ke gmail ane gan wemphyhadi@gmail.com...
    terimakasih agan tiwo satriatama ;)
    • wewems
      Tiwo Satriatama
      04 Agustus
      • Kunjungi profil
      Mumpung lagi on, saya tunggu chat akang di via google hangouts.
    Reply
  • Robby Hermando
    Robby Hermando
    03 Agustus
    • Kunjungi profil
    Mas, FM Saya Kan Versi 2.21.40.44, Saya Mau Updgrade Ke FM 2.22.40.53 , Sebelum Lanjut Ke Lolipop, Updgrade dulu Ke FM Akhir
    Tapi Dsini Saya Ada Masalah, Padahal Saya Sudah Ngikutin Semua Yang Ditulis Diatas, Saya Sudah Download FMnya Versi 2.22.40.53 Dengan Nama File UL-ASUS_T00F-WW-2.22.40.53-user.zip , Sampai Saya Download 2X (Takutnya File Pertama Korup/Eror)
    Ponsel Saya'kan T00J, SKU'nya WW, FM'nya Masih 2.21.40.44 , Saya sudah Ganti Nama File Dari UL-ASUS_T00F-WW-2.22.40.53-user.zip Ke UL-ASUS_T00J-WW-2.22.40.53-user.zip ( SKU Saya Kan T00J) , Filenya Sudah Saya Pindahkan Ke Memori Internal (Bukan Didalam Folder/dimasukan ke folder) Setelah Itu Saya Cabut USB Saya Dari Komputer Ke Zenfone 5 Saya. Saya Tunggu'in 5 Menit Ga Ada Muncul Notifnya, Saya Coba Restart Dan Saya Tungguin Beberapa menit juga tidak ada Notifnya
    Tolong Adakah Solusi Untuk Masalah Saya Ini .....?
    • Robby Hermando
      Tiwo Satriatama
      04 Agustus
      • Kunjungi profil
      Harusnya sudah muncul. Didalam firmware isinya apa saja kang?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    02 Agustus
    • Kunjungi profil
    Kemaren udah dowload mas, tp tdk saya ubah T00F ke T00J, apa itu sebabnya robot androidnya tepar? File yg udah kedownload otomatis hilang. Hrs donload lg donk mas?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      02 Agustus
      • Kunjungi profil
      Perubahan nama tergantung dari HH yang akang gunakan. Jika T00F maka biarkan saja T00F, sebaliknya jika T00J rubah jadi T00J. SKU yang didownload sudah benar? Kesalahan SKU pasti akan robot tumbang. Iya, seharusnya disimpan untuk backup dulu. Untuk contact bisa hubungi saya lewat google hangouts
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    29 Juli
    • Kunjungi profil
    kang saya kan mau update ke 2.21.40.30 nah itu ko robotnya tumbang...padahal dah yang terakhir..yang 2.20.40.13 nah emng sebelum 2.21.40.30 ada lagi ya kang selain 2.20.40.13.?soalnya tulisannya harus download yang sebelumnya...
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      29 Juli
      • Kunjungi profil
      Maksudnya gimana ya? Kok saya bingung :D tidak bisa nangkap pertanyaan kang kresna. Mohon disebutkan dulu :
      1. Akang mau update ke firmware berapa?
      2. Sekarang ada di firmware berapa?
      3. SKU dan tipe Zenfonenya apa? WW/TW, T00F/T00J?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    25 Juli
    • Kunjungi profil
    Min klau mau di update ke L 60 tutor nya sama sprti yg di atas ya min? Min ada pin bb gak biar enk nanya nya.Hehee
    Oy min thanks ya info2 nya. Blog mimin memang paling ok
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      28 Juli
      • Kunjungi profil
      Sama saja kang. Via email atau google hangouts aja, account BBM terlalu private :D
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 Juli
    • Kunjungi profil
    Min mau nanya, mimin pake lollipop versi 52 atau uda yg 60? Trus klau di versi 60 ada perubahan yg signifikan gak?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      25 Juli
      • Kunjungi profil
      Saya udah di 60. Yang saya rasakan belum ada, hanya minor bug untuk active dan deactive sim card lebih cepet dibanding sebelumnya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 Juli
    • Kunjungi profil
    kang tiwo saya sudah extract 1x UL_ASUS_T00F_TW_3_23_40_52.zip, yang diextract masih file zip, kemudian saya rename jadi UL_ASUS_T00J_TW_3_23_40_52.zip saya copy ke internal saya restart. tapi tetap tidak ada notifikasi. FW HH Saya ASUS_T00J_TW_user-2.22.40.54. mohon bantuannya kan tiwo terima kasih.
    • Unknown
      Unknown
      24 Juli
      • Kunjungi profil
      seharus nya nama file hasil extract nya seperti ini nya seperti ini : UL-ASUS_T00F-TW-3.23.40.52-user.zip

      setelah itu baru akang rename file nya menjadi UL-ASUS_T00J-TW-3.23.40.52-user.zip

      nb : perhatikan tanda penghubung setelah UL seharusnya "(-)" bukan "(_)".
      silahkan dicoba kembali. semoga berhasil
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      25 Juli
      • Kunjungi profil
      Umahdroid serasa punya 2 admin di post ini. Hehe.. terimakasih kang erik.
      Untuk kang dani, lakukan sama persis dengan yang dibilang kang erik.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    24 Juli
    • Kunjungi profil
    Ass ,. Kang tiwo klo ng'ekstrak fw itu gmn caranya , apa hrs mnggunakan PC . Atw bisa lgsg proses di hp sndri ??
    MsaLah saya sama dgn kang erick kaangg ..
    • Unknown
      Unknown
      24 Juli
      • Kunjungi profil
      kalo menurut saya, akang extract nya pake pc aja. karena bakal menuhin memory internal akang. extract di pc, setelah itu hasil extract bla bla bla -user.zip itu yg akang copy ke memory internal. setelah itu silahkan restart hp akang.
      mudah mudahan bisa.
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      25 Juli
      • Kunjungi profil
      Extract langsung di HH bisa, recomended gunakan winrar. File manager bawaan asus terkadang crash kalo extract file besar.
      Terimakasih kang erik, sudah membantu. Bener yang dibilang kang erik, untuk TW di dalam firmware masih ada zip lagi. Jafi di extract 1 kali. Hasil extract dicopy ke internal kemudian lakukan seperti tutor di atas.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    23 Juli
    • Kunjungi profil
    Pa erik octavianus, saya mengalami masalah yang sama, solusinya gimana ya ?
    • Unknown
      Unknown
      24 Juli
      • Kunjungi profil
      pastikan terlebih dahulu SKU zenfone anda. apabila SKU anda TW, download firmware lollipop seri 40.52, karena setau saya lollipop seri 40.60 utk SKU TW belum keluar. setelah itu, extract file hasil download tsb. nah hasil extract tersebut ada 2 file, file pertama berupa folder, sementara file kedua ber ekstensi .zip. nah yg file ber ekstensi .zip tersebut akang copy kan ke memory internal. jangan di masukkan ke dalam folder mana pun. setelah itu silahkan restart zenfone akang. mudah mudahan bisa.
      jika belum bisa, silahkan bertanya kembali,
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 Juli
    • Kunjungi profil
    Min mau nanya ni, klau mau update ke lollipop harus yg versi 3.23.40.52 dulu atau bisa langsung ke 3.23.40.60? Mhon d jwb ya min
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      19 Juli
      • Kunjungi profil
      Saya belum coba, tapi umumya kalo update manual harus urut.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 Juli
    • Kunjungi profil
    min, kenapa notif buat update manual nya gak keluar ya?
    padahal file nya udah di letak di internal memory, bukan di dalam folder. (file .zip nya udah di rename jadi T00J_bla_bla)
    trus udah di check update dr system update yg ada di menu setting berkali-kali, terus udah di restart berkali kali ttp aja gak keluar.
    fw nya T00J_TW_2.22.40.54.
    mohon bantuannya min. terimakaish
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      19 Juli
      • Kunjungi profil
      Coba setelah dipindah di restart terlebih dahulu. Pastikan langkah sudah benar seperti tutoril diatas
    Reply
  • harismiftahulhudha
    harismiftahulhudha
    18 Juli
    • Kunjungi profil
    error yang di zeonfone saya kayak gini
    failed to verify wole-file signature from /data/media/0/UL-ASUS-TOOF-WW-3.23.40.60-user.zip
    gimana cara mengatasinya
    • harismiftahulhudha
      Tiwo Satriatama
      18 Juli
      • Kunjungi profil
      Kemungkinan hasil dari md5 hash nya gak match, dengan kata lain file yang akang download corrupt. Coba download ulang. Saya juga baca di forum, ada yang kasih solusi dengan factory reset lewat wipe cache partition 2 kali, kemudian reboot dan lakukan update manual seperti tutor diatas. Selamat mencoba
    Reply
  • Ibrahim Wicaksono
    Ibrahim Wicaksono
    16 Juli
    • Kunjungi profil
    Om versi firmware saya 1.11.40.1
    Mau saya update ke kitkat
    Apakah harus di update ke 1.18 dahulu ?
    Jika iya, apakah harus urut dari 1.11 lalu 1.12 1.13 dst
    Atau bisa lsg loncat ke 1.18

    Terimakasih
    • Ibrahim Wicaksono
      Tiwo Satriatama
      16 Juli
      • Kunjungi profil
      Kalo manual harus urut. Tapi kalo mau loncat langsung sideload pake adb. Tutorialnya sama seperti downgrade tinggal ganti recovery images sama firmware yang mau dipasang. Monggo baca "Cara Downgrade Zenfone 5" yang sudah pernah saya post.
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    15 Juli
    Gan mana firmware nya yang 54 itu ada yang 53 atau sama ? 53 dan 54 nomor versi belakang sendiri
    • Anonim
      Tiwo Satriatama
      15 Juli
      • Kunjungi profil
      Beda, 53 sendiri 54 sendiri. Tapi ke-2 nya bisa langsung untuk up ke Lollipop
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 Juli
    • Kunjungi profil
    min zenfone 5 ku sdh ak download firmwareny terus ak install pas d tengah jalan malah gagal min malah instalannya hilang gak ada di internal min gmn ni solusinya ?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      13 Juli
      • Kunjungi profil
      SKU nya udah bener belum? Keterangan gagalnya gimana? Itu kekurangan kalo langsung di Internal. Makanya harusnya punya backup dulu. Mau gak mau harus download ulang
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 Juli
    • Kunjungi profil
    gan sya mau tanya, sya pake asus ZenFone 5 T00J.. kok dari pertama beli gak bisa di update versi sama sekali ya gan.. udah coba semua cara tetap gak bisa, cara manual sama flash juga tetap gak bisa.. firmware nya dari dulu ampe skrg tetap WW.1.13.. tolong solusinya gan, sya udh bingung mau diapain ni hp.. kalo pake cara adb itu saya gak ngerti sama sekali gan, maklum masih awam soal gituan..
    thnks sblm nya gan
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      13 Juli
      • Kunjungi profil
      Pake adb kalo mau cepet dan hemat kuota juga. Tutorial sama persis dengan downgrade. Tutorialnya sudah saya post, silahkan baca pada post saya "Cara Downgrade ASUS Zenfone 5". Nanti tinggal ganti firmware sama image recovery filenya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 Juli
    • Kunjungi profil
    om zenfone 6 sy hbs upgrade ke lollipop kok jd suka bug yah. jd suka restart sdri, sinyal hilang dan panas hp nya. help me
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      11 Juli
      • Kunjungi profil
      HH nya sudah di root belum kang rudin?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    09 Juli
    • Kunjungi profil
    gans kenapa pas ane update frimware lollipop pia adb pas ane masukin adb sideload beserta nama frimware ya ko pas di enter malah tulisan cannot read itu kenapa gans, padahal pas ane cek adb devices konek ko
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      10 Juli
      • Kunjungi profil
      Nama yang mbak masukin gak sesuai jadi gak kebaca. Coba setting show extensios pada windows nya :
      1. Masuk ke folder options
      2. Pilih tab view
      3. Hilangkan checklist pada hide extensions for known file types
      4. Ok
      Lihat file firmwarenya. Kemungkinan penamaan zip dobel, padahal extension udah zip. Silahkan dicoba, semoga solved.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    08 Juli
    • Kunjungi profil
    Kang bootloop tolonh, udah 5 jam kang gak bisa2 juga, cara ngatasin bootloop gimana kang? Mohon bantuan
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 Juli
      • Kunjungi profil
      Di flash aja kang. Caranya sama kaya downgrade. Monggo cari aja tutorial downgrade yang pernah saya post.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Juli
    • Kunjungi profil
    gan punya ane ASUS_T00F_user_2.22.40.54 apa udah bisa di update gan?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      05 Juli
      • Kunjungi profil
      Sudah kang. Langsung saja download firmware Lollipop yang sudah saya post. Sesuaikan dengan SKU akang. Selamat mencoba
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    02 Juli
    • Kunjungi profil
    Mas Kok muncul android is upgrading terus setelah saya restart ulang - andi
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 Juli
      • Kunjungi profil
      tunggu aja kang. emang lumayan lama waktu upgradingnya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    30 Juni
    • Kunjungi profil
    om hh ane masih kitkat om,ane mau coba upgrade ke lolipop koq nggak bisa ea om,padahan ane udah ikutin tutor di atas,tpi tetap z seystem update nya nggak muncul2 om,mohon pencerahan nya hh ane zeny 5 ASUS_T00J_user_2.22.40.50
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 Juli
      • Kunjungi profil
      Update dulu sampai ke 2.22.40.53 atau 2.22.40.54 kang. Selebihnya tutornya di atas semua. Oh iya ada tambahan, aplikasi yang berbau security di uninstall dulu buat jaga-jaga gagal update. Selamat mencoba
    Reply
  • cakile
    cakile
    27 Juni
    • Kunjungi profil
    Min saya mau tanya kira2 aplikasi yg sudah di download ilang ga ia ?
    terus data yg ada di internal dan external ilang juga ga ia min.
    mohon penjelesananya min. thanks
    • cakile
      Tiwo Satriatama
      03 Juli
      • Kunjungi profil
      Enggak, tetep ada kok. Sebaiknya data penting di internal dipindah ke external dulu saat update untuk jaga-jaga. Kalo external sih aman kang.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    26 Juni
    • Kunjungi profil
    punya gw kasusnya sama dgn agan lulu joni..trus coba pake adb sideload pas dah sending 100% hpnya pembaruan sistem ee lg2 tumbang..kalo SKU dll dah cocok smua...kira2 knp ya?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 Juli
      • Kunjungi profil
      Kayaknya file firmwarenya corrupt
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    25 Juni
    • Kunjungi profil
    Saya pakek zenfone 4s dan udh update terakhir terus saya download dan gak ada notifnya padahal udah nurutin semua tutor di atas tolong bantuan nya min
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      03 Juli
      • Kunjungi profil
      Kang Mahdi : Coba akang baca komentar kang yodas-yodas di post Download Update ASUS Zenfone 4S A450CG (WW) Android 5.0 Lollipop. Dia udah berhasil ke lollipop dan share problem nggak muncul notifnya.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 Juni
    • Kunjungi profil
    asus saya masih, ASUS_T00F_WW_user_1.13.40.51
    jadi bagi linknya gan biar ke lolipop..thx
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      19 Juni
      • Kunjungi profil
      Wah jauh banget kang. Pake adb aja kang. Siapin file :
      - ADB
      - Intel USB driver
      - Recovery images
      - Firmware lollipop
      Langkahnya sama seperti downgrade. Untuk lebih jelasnya monggo cari dan baca post cara downgrade asus zenfone 5 yang sudah pernah saya post.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15 Juni
    • Kunjungi profil
    Gan, punya ane kok ngga mau keluar notif har yaa? Mohon solusi, terima kasih.
    • Unknown
      Unknown
      16 Juni
      • Kunjungi profil
      namanya dah bener belon? harusnya kalo dah bener muncul notif. coba copy ulang dari komputer bos. selamat mecoba
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      16 Juni
      • Kunjungi profil
      Nah tuh dibantuin sama kang slamet. Cek lagi satu-satu
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    13 Juni
    • Kunjungi profil
    Om punya ku gagal juga sama kaya yg di atas, knapa ya??
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      13 Juni
      • Kunjungi profil
      Cek satu mulai dr sku, fw, dan nama. Kalo bener pasti bisa. Atau mungkin instal cwm dll?
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    09 Juni
    • Kunjungi profil
    Om punya ku kok nggak bisa update ke lolli ya?padahal fw nya udah terakhir,pas aku coba klik pembaharuan system belum nyampe1/4 jalan udah ada muncul android tumbang,bagaimana cara mengatasi nya?mohon bantuan nya Om .terimakasih
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      09 Juni
      • Kunjungi profil
      Udah bener belum SKU nya? Kalo salah SKU pasti muncul robot ijo tumbang
    Reply