Android Lemot Bikin Kesel? Tendang Lemot dengan Aplikasi ini

08:29
Android Lemot Bikin Kesel? Hapus Lemot dengan Aplikasi ini - Android sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi penggunanya. Mulai untuk urusan kerja, social media, komunikasi, game dan masih banyak lagi kegunaan dari Ponsel ini.

Kali ini saya akan share aplikasi Android yang wajib sobat install di ponsel kita. Memang terkadang aplikasi semacam ini menjadi perdebatan karena peran dalam memakan RAM saat dijalankan, dan bahkan ketika keluar masih saja running di background process.

Memang sebagian benar dengan pernyataan demikian, namun tidak sepenuhnya. Namun dengan aplikasi ini sobat tidak perlu kawatir ponsel Android menjadi lemot. Alasannya apa mas menyimpulkan gak lemot? Kita bahas nanti!

Gary Spongebob

1. SD Maid

SD Maid adalah aplikasi yang bisa saya katakan aplikasi sejuta fitur. Dalam artian aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap yang harus sobat install. Sobat bisa mengecek dan membersihkan sisa data, dan cache dari Android.

Besarnya cache yang tersimpan untuk menjalankan sebuah aplikasi juga dapat memicu terjadinya penurunan performa. Pada dasarnya aplikasi yang sobat jalankan hampir seluruhnya akan menghasilkan cache sebagai data sementara yang digunakan untuk mempercepat load aplikasi itu sendiri.

Bukan hanya itu, SD Maid memungkinkan user untuk melakukan freeze. Fitur ini yang paling saya sering gunakan pada aplikasi facebook karena memakan resources yang besar. Ketika sobat freeze aplikasi facebook maka otomatis si facebook tadi akan mati suri.

Ketika butuhkan untuk dipakai lagi sobat bisa Unfreeze. Untuk fitur lengkapnya bisa sobat lihat pada gambar. Sobat juga bisa gunakan SD Maid untuk mengambalikan aplikasi ke setelan awal saat di install. Memungkinkan juga sobat melakukan ekstraksi ke .apk file dari aplikasi di Android.

Aplikasi Pembersih Android Terbaik

Aplikasi Pembersih Android Terbaik

Cara Freeze Aplikasi Android

Dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan aplikasi yang satu ini. Sobat bisa beri akses root untuk lebih mengoptimalkan aplikasi ini. SD Maid mempunyai 2 versi, yakni Free yang bisa didownload bebas dan PRO yang merupakan versi premium dari aplikasi ini.

2. CCleaner Untuk Android

Adalah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan Android dan membersihkan sampah atau file-file yang sekiranya tidak terpakai. Salah satu fitur penting pada aplikasi ini adalah tersedianya tools untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program yang terinstall di Android.

Fiturnya lebih sedikit dari SD Maid, namun mempunyai kasiat yang sama untuk melakukan pembersihan system Android. Untuk fiturnya antara lain membersihkan Cache, Download Files, Thumbnail Cache, Empty Folder, Sytem Info dan lain-lain.

Free download CCleaner Android

Free download CCleaner Android

Free download CCleaner Android

Kesimpulan

Sekarang kita masuk ke bahasan pertanyaan diawal post tadi, "alasannya apa mas menyimpulkan gak lemot?". Diawal saya sebutkan aplikasi semacam ini biasanya memunculkan masalah baru perihal konsumsi RAM karena memakan terus baik saat dia ditutup atau tidak.

Memang sih kita bisa kill, tapi nanti juga akan terload kembali. Pastinya ribet kalo sebentar-sebentar kill, terlebih lagi jika Android sobat memiliki ruang RAM yang sempit. Pasti sakitnya dimana-mana :D Tapi beda dengan ke dua aplikasi yang saya sebutkan diatas.

SD Maid dan CCleaner tidak akan berjalan pada background apps ketika keluar / menutup aplikasi. Artinya, tidak akan membebani ketika tidak digunakan. Dengan demikian otomatis tidak akan membebani kerja RAM.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Nah itulah yang bisa saya tulis mengenai "Android Lemot Bikin Kesel? Tendang Lemot dengan Aplikasi ini" utnuk mengatasi Android lemot. Terimakasih sudah berkunjung.

Artikel Rekomendasi

15 Komentar
avatar

Patut di coba gan. kebetulan android ane lemot banget -_-"

Balas
avatar

ntar di coba ahh..
sering lemot android ane

Balas
avatar

Wah emang suka ngeselin tuh kalo lemot

Balas
avatar

ane gk suka android :v gommen

Balas
avatar

wah kebetulan android saya memang sedikit lemot

Balas
avatar

emng kadang saya juga kesel klo hape android saya lemot

Balas
avatar

semua ponsel pasti punya batas kemampuan. jadi kita sebagai user harus pinter-pinter manage.

Balas
avatar

Silahkan dicoba kang ray. terimakasih kunjungannya.

Balas
avatar

Pake walkie talkie aja irit kang :D

Balas
avatar

Silahkan dicoba tips nya. Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

yang pro gak dishare gan? wkwkwkwkw

Balas
avatar

info bagus nih
hp android bisa jadi cepet
terima kasih infonya

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.