KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Merawat Batterai Android yang Baik dan Benar Supaya Awet

Tips Merawat Baterai Android Supaya Awet - Batterai bak nyawa pada smartphone. Sebagai sumber daya untuk smartphone sudah seharusnya kita merawat hal yang satu ini.

Banyak sekali coretan-coretan diluar sana tentang keluhan batterai drop atau rusak, apakah Anda ingin menjadi bagian dari kaum yang punya keluhan seperti yang saya sebutkan tadi? Saya yakin tidak.

Kerusakan pada batterai juga akan berimbas pada komponen yang lain, dengan kata lain merawat batterai juga sekaligus merawat smartphone itu sendiri. Disamping itu Anda juga akan menghemat kantong keuangan Anda.

Tips Merawat Batterai Android

Kenapa? Jika batterai rusak mau tidak mau Anda harus membeli gantinya untuk agar batterai kembali ke kondisi prima. Pastinya tidak ingin mendapat kejadian seperti diatas bukan?

Cara Merawat Baterai Android Yang Benar

Berikut tips untuk merawat batterai ala Umahdroid :

1. Perhatikan Temperature Batterai

Terlalu sering panas juga akan merusak batterai, kerusakan ini biasanya dengan tanda batterai menggelembung. Alhasil batterai tidak maksimal untuk menyimpan daya. Apabila sudah terasa panas sebaiknya Anda diamkan sejenak hingga dingin sebelum digunakan kembali.

2. Hindari LowBatt

Hindari point kedua in. Jangan terlalu sering membiarkan batterai Anda lowBatt, apalagi sampai benar-benar terkuras habis. Kejadian semacam ini akan sangat cepat merusak kesehatan batterai pada smartphone.

3. Jangan Charge Batterai Saat Masih Panas

Apabila batterai dalam kondisi masih panas lebih baik di diamkan sejenak hingga dingin terlebih dahulu sebelum dicharge untuk menghindari kerusakan pada batterai.

4. Hindari Penggunaan Saat Charging

Jangan terlalu sering menggunakan smartphone ketika dalam posisi charging kecuali dalam kondisi-kondisi penting. Biasanya anak muda yang melakukan ini, baik untuk bermain game atau menjaga ke eksisannya di dunia media sosial. Akan lebih bagus matikan smartphone Anda saat men-charge. 

5. Nonaktifkan Fitur

GPS, Bluetooth, Wifi dan Packet Data membutuhkan daya yang cukup besar, sehingga membebani batterai itu sendiri. Sebaiknya mematikan GPS, Bluetooth, Wifi dan Packet Data apabila memang sedang tidak digunakan. Anda juga bisa menggunkan fitur Aeroplane Mode.

6. Atur Pencahayaan 

Bagian layar smartphone memang salah satu yang membutuhkan daya penggunaan besar. Maka aturalah pencahayaan smartphone sesuai kebutuhan. 

7. Gunakan Charger dan Kabel Ori

Hindari penggunaan charger dan kabel abal-abal juga bisa merusak ponsel kesayangan kita. Ini terjadi karena aliran listrik yang masuk bisa saja tidak stabil. Ingat, produsen membuat kabel charging pasti menggunakan standard yang pas untuk smartphone yang dikeluarkan.

Selain itu, jika ingin menggunakan Power Bank, beli lah power bank dengan kualitas bagus agar tidak merusak komponen hardware Android kita.

Itu saja yang bisa saya tulis tentang Tips Merawat Batterai Android. Semoga sobat menikmati artikel yang saya tulis sebagaimana saya senang menulisnya. Terimakasih sudah berkunjung.
8 komentar

8 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Maniak Blogger
    Maniak Blogger
    05 Februari
    • Kunjungi profil
    wah biasanya saya sampai mati sendiri perlu diperbaiki nie
    • Maniak Blogger
      Tiwo Satriatama
      06 Februari
      • Kunjungi profil
      waduh, jangan sampe mati kang. cepet rusak batterainya.
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Februari
    • Kunjungi profil
    mksih gan infonya
    omong" bermain game tidak termasuk yah,,,???
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      04 Februari
      • Kunjungi profil
      penggunaan game sudah masuk ke poin-poin diatas kang
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Februari
    • Kunjungi profil
    post yang bermanfaat...kunjungan malam gan
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      04 Februari
      • Kunjungi profil
      thanks kang
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 Februari
    • Kunjungi profil
    android ada baterainya juga ya gan ??
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      04 Februari
      • Kunjungi profil
      kagak ada kalo android di dragon ball gan :v
    Reply